Erina Gudono dan Kaesang Pangarep Resmi Menikah, Modifikasi Paes Ageng dan Kebaya Modern

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kaesang Pangarep berfoto dengan Erina Gudono seusai akad nikah di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu, 10 Desember 2022. Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang, resmi menikahi Erina dengan mas kawin seperangkat alat salat, uang tunai Rp300 ribu, serta emas 10, 12, 20, dan 22 gram.Youtube/Presiden Joko Widodo

Kaesang Pangarep berfoto dengan Erina Gudono seusai akad nikah di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu, 10 Desember 2022. Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang, resmi menikahi Erina dengan mas kawin seperangkat alat salat, uang tunai Rp300 ribu, serta emas 10, 12, 20, dan 22 gram.Youtube/Presiden Joko Widodo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhirnya ,Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi sah menjadi suami Erina Gudono, Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 yang sudah dipacarinya setengah tahun terakhir. Akad nikah berlangsung khidmat di Pendopo Ageng, Ambarrukmo, Sabtu, 10 Desember 2022. 

"Saya terima nikah dan kawinnya, Erina Gudono binti Muhammad Gudono dengan mahar tersebut tunai," kata Kaesang dalam satu tarikan napas dengan menyalami Allen Gudono, kakak sulung Erina, yang menjadi wali nikahnya. "Alhamdulillah," katanya berseru setelah dinyatakan sah. 

Kaesang menikah dengan mahar logam mulia 10,12,22 gram dan uang sebesar Rp 300 ribu. Berat emas ini mewakili tanggal pernikahan hari ini. 

Tampak Erina terlihat anggun dengan balutan kebaya akad nikah modern rancangan desainer kenamaan Indonesia, Biyan. Kebaya sepanjang bawah lutut itu bertabur beads dan detail embroidery yang simpel tetapi classy. 

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (kanan) menjalani proses ijab kabul dengan Wali Nikah dari Erina Gudono, Allen Adam Gudono (kedua kiri) disaksikan dua orang saksi Mensesneg Pratikno (kiri atas) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan atas) saat Akad Nikah di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Prosesi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tersebut digelar dengan nuansa adat Yogyakarta. ANTARA FOTO/Setpres/Agus Suparto/Handout

Dalam momen akan nikah ini, Erina memadukan kebaya modern dengan riasan adat Jawa paes ageng. Istilah atau sebutan paes ageng memang sudah tidak asing lagi. Paes ageng adalah riasan adat tradisional Jawa yang dikenakan oleh sepasang pengantin. 

Jumlah cunduk mentul memiliki makna filosofisnya sendiri. Cunduk mentul merupakan atribut cantik yang menjulang tinggi di kepala pengantin wanita. Jumlahnya mulai dari 1, 3, 5, 7, dan 9. Sementara itu dalam akad nikahnya  Erina memakai paes ageng khas Jogja dengan atribut lima cunduk mentul berwarna perak. 

Merujuk berbagai sumber, dalam riasan paes ageng, setiap atributnya memiliki makna yang begitu mendalam. Ada unsur doa dan makna filosofis pada setiap atributnya. Salah satunya adalah jumlah cunduk mentul (kembang goyang) yang disematkan pada sanggul pengantin wanita.

Baca: Erina Gudono Percayakan Riasan Midodareni kepada Bennu Sorumba, Intip Detailnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."