2 Motif Batik Ini Tidak Boleh Dikenakan di Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono.

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kain batik. Shutterstock

Ilustrasi kain batik. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari ini pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono akan digelar. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh tamu yang dayang, yakni jika mereka mengenakan batik. Selain motif parang yang dilarang karena motif itu hanya boleh dipakai para raja, motif slobog juga sebaiknya dihindari. 

Pemerhati sejarah Kota Solo, Dani Saptoni, menjelaskan motif batik parang hanya dipakai para raja. “Batik parang khusus untuk pakaian raja-raja, pangeran, keluarga inti raja. Motifnya miring-miring itu,” ujarnya. 

Selain motif batik parang yang dilarang dipakai tamu pernikahan Kaesang, Ketua Komunitas Solo Societeit itu mengatakan ada motif lain yang pantang atau tidak boleh dipakai untuk menghadiri acara pernikahan. Bila batik motif ini dipakai di acara pernikahan akan terkesan mendoakan sesuatu yang buruk. “Yang juga tidak boleh dipakai ketika menghadiri acara pernikahan yaitu batik motif slobog. Soalnya batik motif ini dipakai untuk melayat atau takziah. Selain dipakai melayat, juga oleh prajurit yang akan maju perang,” terang dia. 

Erina Gudono, calon istri putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep usai acara midodareni di kediamannya Sleman Yogyakarta Jumat 9 Desember 2022. Dok.istimewa

Dani menjelaskan motif batik sangat banyak dan mengandung kesan sendiri-sendiri. Setiap motif batik punya kekhususan penggunaan maupun larangan penggunaannya. Sehingga masyarakat harus jeli saat akan memakai batik. “Contohnya motif parang yang khusus untuk raja. Nganten nggo parang ora entuk. Dalam tradisi masyarakat Jawa itu perwujudan pertentangan eksistensi kerajaan Mataram zaman dulu. Parang dengan lereng sama,” urai dia. 

Batik slobog merupakan batik yang mewakili salah satu tahapan hidup manusia. Batik asal Solo ini digunakan untuk mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya. Batik slobog diambil dari bahasa Jawa, lobok, yang memiliki arti longgar. Batik ini memiliki motif geometris, berbentuk kotak-kotak yang dipisah dua garis sehingga membentuk empat potongan segitiga. Pada salah satu sisi motif yang terpisah garis terdapat bulatan yang dikelilingi enam titik kecil.

Seperti diketahui, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan ijab kabul di Yogyakarta, 10 Desmeber 2022 dan tasyakuran di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022. Lebih dari 6.000 undangan telah disebarkan. Para tamu kategori VIP diprediksi mulai berdatangan di Solo pada Sabtu hingga Minggu. Mereka akan menginap di 12 hotel, dan saat acara akan dijemput menggunakan armada shuttle bus menuju Pura Mangkunegaran Solo. Sedangkan bagi tamu undangan biasa disediakan tempat parkir di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan Solo. Dari situ mereka juga akan diangkut menggunakan ratusan shuttle bus yang telah disediakan pihak panitia.

Baca:  7 Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, dari Garasi Rumah hingga Gladi Bersih

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."