10 Tips Menghias Pohon Natal, Pasang Lampu Terlebih Dulu dari Hiasan Natal Lainnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pohon natal. Foto: Pixabay.com/Pexels

Ilustrasi pohon natal. Foto: Pixabay.com/Pexels

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghias pohon Natal adalah salah satu kegiatan seru menyambut Natal. Kamu dan orang-orang terkasih bisa memilih pernak-pernik yang akan dipasang di pohon Natal. Meski begitu, kamu juga tidak bisa asal-asalan menghias agar semua elemen saling melengkapi.

Sebelum mulai menghias pohon Natal, pastikan kamu memiliki alat yang tepat termasuk sarung tangan untuk membentuk cabang, gunting dengan pegangan pengaman untuk bahan, dan tangga atau bangku yang kokoh untuk memasang hiasan dan menempelkan dekorasi ke baggian pohon yang lebih tinggi.

Jika semua peralatan sudah siap, kamu bisa mulai menghias pohon Natal. Berikut sejumlah tips menghias pohon Natal dari para profesional.

1. Potong dan Bentuk Dahan

Memangkas dahan akan membantu pohon Natal kamu terlihat lebih berisi dan alami. Ini bisa menjadi tugas yang sangat memakan waktu, tetapi percayalah hasil akhirnya sepadan. Pisahkan setiap cabang agar menyebar untuk menutupi area seluas mungkin dan jangan ragu untuk membengkokkan masing-masing cabang untuk mengisi celah.

Pohon yang dibentuk dengan benar akan membuatnya semakin menarik. Ingatlah juga untuk mengenakan sarung tangan dan busana lengan panjang jika memungkinkan untuk menghindari goresan pada tangan dan lengan kamu.

2. Tentukan Tema

Pohon Natal yang tampak profesional memiliki tampilan sentral yang menyatukan dekorasi. Menentukan tema sebelum memilih ornamen akan memberikan kamu gambaran yang jelas tentang cara menghias pohon Natal. 

3. Pilih Warna dan Bahan yang Tepat

Setelah memilih tema, buat palet warna untuk menghidupkannya. Misalnya, jika ingin tampilan tradisional namun mewah, pilih kombinasi warna merah dan emas, atau bisa pilih warna netral putih dan lembut, atau warna biru dan silver untuk tampilan sedingin es.

Gunakan dua warna untuk menjaga tampilan tetap bersih. Pikirkan juga tentang bahan dan teksturnya, ornamen beludru halus sangat cocok untuk pohon yang indah, sedangkan ornamen kertas dan kayu sangat ideal untuk pohon Nordik atau minimalis.

4. Mulai Menghias dengan Lampu 

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan saat menghias pohon Natal adalah selalu memasang lampu terlebih dahulu. Jika dilakukan belakangan, akan lebih sulit memasang lampu setelah menambahkan dekorasi seperti bola dan karangan bunga.

Saat memasang lampu, disarankan menggunakan batang kayu sebagai titik awal, lalu melilitkan lampu di sekitar batang pohon Natal, dan memanjat dari pangkal pohon. 

5. Seimbangkan Dekorasi

Mengingat banyaknya dekorasi pohon Natal yang mungkin kamu miliki, kamu harus memastikan bahwa semuanya seimbang dan penempatannya tidak menumpuk di satu titik. Pasang pernak-pernik seperti pita, bola, permen tongkat, kaus kaki atau ornamen lain dari bagian atas pohon dan kemudian lanjutkan ke arah bawah. Dengan cara tersebut, kamu dapat dengan mudah memeriksa desain menghias pohon Natal.

Konsultan desain Balsam Hill, Brad Schmidt merekomendasikan pengelompokan tiga pernak-pernik dengan ukuran berbeda untuk menambah daya tarik visual.

Kamu dapat menggabungkan bagian yang sama atau memilih yang kontras. Kamu juga harus menggantungkan ornamen yang berukuran besar lebih dekat ke tengah pohon agar lebih dalam, dan menggunakan ornamen yang lebih kecil di ujung dahan.

Gantung potongan kaca halus di bagian atas pohon untuk mencegah kerusakan, dan tambahkan ornamen khusus di ujungnya untuk memastikan posisinya sempurna.

Baca juga: Mengenal Arti Hiasan Natal, dari Bintang, Permen Tongkat hingga Tinsel

6. Lapisan dan Pita

Tips ahli lainnya adalah menghias pohon Natal dengan pita dekoratif, yang akan meningkatkan estetika pohon Natal. Kamu dapat menggunakan satu jenis pita atau memasangkan pita dengan tekstur kontras dan lebar untuk menciptakan dampak yang lebih besar.

Schmidt merekomendasikan penggunaan pita tepi kawat karena lebih mudah dibentuk menjadi lingkaran, spiral, atau busur dan menahan bentuknya lebih baik daripada pita tanpa kawat. 

7. Gunakan Tangkai Pohon Tambahan

Tangkai pohon dan bunga tersedia dalam berbagai bentuk, seperti cabang yang dihias, ranting, buah beri, atau bahkan kerucut pinus, gunakan itu sebagai aksen halus untuk melengkapi seluruh tampilan pohon Natal kamu,

Mengelompokkan batang pohon dengan kawat bunga adalah cara kreatif untuk meningkatkan daya tarik visual pohon Natal tanpa mengesampingkan dekorasi lainnya. Pastikan untuk memilih batang dengan gagang fleksibel agar mudah dibentuk. 

8. Tambahkan Dekorasi Beraroma

Sentuhan ornamen beraroma akan memenuhi seluruh ruangan dengan semangat keajaiban Natal. Beli sebotol stik kertas beraroma dan letakkan di antara ornamen pohon untuk mendapatkan aroma segar seperti kayu manis atau beri.  

9. Pilih Dekorasi Puncak Pohon Natal yang Tepat

Dekorasi  puncak pohon adalah cara yang indah untuk melengkapi desain pohon Natal kamu. Pastikan untuk memilih salah satu yang paling sesuai dengan tema dan proporsi pohon, dan pertimbangkan juga ketinggian langit-langit rumah. Hiasan bintang atau malaikat biasanya yang paling populer, tetapi ada banyak desain alternatif untuk dipilih, termasuk desain yang dipersonalisasi, atau kamu dapat membuat dekorasi puncak sendiri

10. Gunakan Alas

Alas adalah hal yang sering diabaikan saat menghias pohon Natal. Padahal itu juga bagian dalam menghias pohon Natal. Alas pohon memiliki banyak kegunaan, mulai dari menutupi "kaki", atau batang pohon yang tidak sedap dipandang hingga melindungi lantai dan karpet dari daun pinus yang tumbang. Alas ini juga menjadi latar belakang yang sempurna untuk kado Natal yang dibungkus dengan indah. Sebagai alternatif, jika kamu memiliki pohon Natal dalam pot atau anyaman, pilihlah tikar kayu.

NADIA RAICHAN FITRIANUR | HOUSE BEAUTIFUL

Baca juga: 5 Inspirasi Dekorasi Natal untuk Menambah Keceriaan Natal di Rumah Anda

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."