Dior Gelar Fashion Show Koleksi Pria Musim Gugur di Piramida Giza Mesir

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Model memperagakan kreasi busana dari Dior di depan Piramida, Giza, Mesir, 3 Desember 2022. Rumah mode Prancis, Dior menampilkan koleksi pria musim gugur 2023. Instagram/Dior

Model memperagakan kreasi busana dari Dior di depan Piramida, Giza, Mesir, 3 Desember 2022. Rumah mode Prancis, Dior menampilkan koleksi pria musim gugur 2023. Instagram/Dior

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumah mode Prancis Dior pada hari Sabtu, 3 Desember 2022 mengadakan pertunjukan pertamanya di piramida Giza kuno Mesir, menampilkan koleksi pria musim gugur 2023 di bawah bayang-bayang makam berusia ribuan tahun.

Pegunungannya yang megah diterangi oleh cahaya putih untuk pertunjukan - para model memamerkan koleksi bertajuk "Celestial". Pertunjukan tersebut menjadi gelaran kedua oleh rumah mode Eropa yang menggunakan situs warisan Mesir Kuno sebagai latar belakang. Desainer Italia Stefano Ricci memamerkan koleksi terbarunya di Kuil Hatshepsut di Luxor.

Model memperagakan kreasi busana dari Dior di depan Piramida, Giza, Mesir, 3 Desember 2022. REUTERS/Dina Sakr

Nekropolis Giza Mesir, tepat di sebelah barat ibu kota Kairo, dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi tuan rumah bagi acara-acara yang selalu megah, termasuk konser pop dan pameran seni kontemporer, ketika negara Afrika Utara itu berupaya memproyeksikan citra yang direvitalisasi untuk menarik pariwisata dan bisnis baru.

Pengusaha media Amy Mowafi mengatakan acara seperti Dior's "menempatkan Mesir di peta sebagai pusat baru untuk kreativitas dan desain" di mana pencipta dapat memanfaatkan "inspirasi tujuh ribu tahun".

CEO Dior Pietro Beccari mengatakan kepada AFP bahwa rumah mode tersebut memilih piramida lebih dari sekadar "latar belakang yang tidak berguna", yang mengacu pada astrologi Mesir untuk koleksi bernama "Celestial". Sebelumnya, band pop Amerika Maroon 5 dan Black Eyed Peas tampil di Giza Necropolis, di mana seni kontemporer baru-baru ini ditampilkan di pameran Art d'Egypte terbaru.

Model memperagakan kreasi busana dari Dior di depan Piramida, Giza, Mesir, 3 Desember 2022. Instagram/Dior

Citra Baru Mesir

Lama menjadi kekuatan budaya di dunia Arab, dengan penyanyi dan bintang film yang sangat populer terutama di masa kejayaannya di tahun 1950-an-70-an, Mesir telah menetapkan pandangannya pada warisan kunonya untuk sekali lagi menarik sorotan global.
Pertanda pelukan baru budaya dan sejarah kuno adalah "parade emas" tahun lalu dari 22 firaun yang melintasi Kairo dari museum lama ke museum baru dalam tontonan akbar bergaya karnaval.

Itu adalah bagian dari dorongan pemerintah Presiden Abdel Fattah al-Sisi untuk menghidupkan kembali pariwisata, yang menyumbang 10 persen dari PDB dan sekitar dua juta pekerjaan tetapi telah dihantam oleh kerusuhan politik, pergolakan ekonomi, dan pandemi Covid.

Menampilkan warisan Mesir dalam konteks baru "akan mendorong merek lain dan tokoh budaya internasional untuk datang ke Mesir," kata sejarawan seni Bahia Shehab. Fotografer fashion Mohsen Othman setuju bahwa acara glamor seperti itu penting.

Merek besar seperti Dior "datang dengan anggaran besar", mempekerjakan bakat lokal dan "mendukung pencipta muda yang dapat menempatkan Mesir di peta mode global".
Iman Eldeeb, yang agensinya menampilkan dua model Mesir untuk pertunjukan hari Sabtu, mengatakan kepada AFP bahwa itu adalah "langkah yang telah lama ditunggu untuk dunia mode di Mesir".

Model memperagakan kreasi busana dari Dior di depan Piramida, Giza, Mesir, 3 Desember 2022. Busana-busana tersebut merupakan karya desainer Kim Jones. REUTERS/Dina Sakr

Mesir dan Bakat Kreatif

Pada Paris Fashion Week tahun ini, merek mewah yang berbasis di Kairo, Okhtein, memamerkan bustier berbahan resin yang membangkitkan pualam Mesir di pameran rumah mode Prancis, Balmain. Itu adalah kisah sukses yang langka untuk sektor kreatif Mesir, di mana "kebanyakan orang otodidak, bekerja keras dengan sumber daya yang langka untuk mencoba dan memenuhi standar internasional," kata Othman, sang fotografer.

Ismail mengatakan pasar pakaian dan perhiasan mewah negara itu "telah berubah dari kurang dari 100 merek Mesir menjadi lebih dari 1.000 hari ini", didorong oleh "kumpulan besar bakat kreatif muda".

Baca: Gaya Fashion Velove Vexia Hingga Chelsea Islan di Acara Dior

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."