Rekomendasi Serum untuk Kulit Bertekstur, Pilih yang Mengandung Niacinamide

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memiliki kulit bertekstur tentu menjadi salah satu masalah kulit yang menyita perhatian. Butuh perhatian lebih ekstra untuk merawatnya. 

"Pori-pori yang tersumbat dan kelenjar minyak yang membesar, keratosis pilaris, kulit kering atau seborrhea, dan pertumbuhan jinak seperti tahi lalat dan keratosis seboroik semuanya dapat berkontribusi pada tekstur kulit yang tidak merata," kata dokter kulit Hadley King. 

Jika Anda mencari cara DIY untuk menghaluskan kulit kasar atau bergelombang, serum terbaik untuk kulit bertekstur mengandung bahan pengelupasan — biasanya pengelupasan kimia — karena hampir semua penyebab tekstur yang tidak rata dapat menyebabkan penumpukan sel kulit mati.

Dr. Hadley King, M.D., adalah dokter kulit bersertifikat dan pendiri Dr. Hadley King Dermatology di New York City. Dia berspesialisasi dalam dermatologi medis dan kosmetik dan juga menjabat sebagai Instruktur Klinis Dermatologi di Weill Medical College of Cornell University. Penelitian Dr. King telah diterbitkan dalam berbagai jurnal medis, dan keahliannya telah ditampilkan dalam berbagai publikasi kecantikan dan kesehatan.

Apa yang Harus diperhatikan saat memilih serum untuk kulit bertekstur?

"Bahan seperti retinol dan bakuchiol, alternatif retinol nabati, merangsang kolagen dan dapat membantu membuat kulit lebih kencang dan halus," kata Dr. King tentang apa yang harus dicari dalam serum. "Untuk pori-pori yang tersumbat, gunakan asam salisilat," tambahnya tentang asam beta hidroksi yang paling diuntungkan oleh jenis kulit berminyak dan berjerawat. 

Lalu, ada asam alfa hidroksi seperti asam glikolat, mandelik, dan laktat, yang menurut Dr. King akan mengelupas kulit kering, kasar, bergelombang dengan lembut. Dan jika kulit Anda terlalu sensitif untuk pengelupasan kimia atau retinol, Dr. King merekomendasikan untuk mencari serum niacinamide. 

"Niacinamide adalah bahan superstar dan multi-tasker," katanya, menambahkan bahwa itu telah terbukti membantu meningkatkan warna dan tekstur kulit, selain memiliki manfaat penguatan dan pelembab.

Berikut rekomendasi serum untuk kulit bertekstur

1. PUR Beauty Tone Up 

Untuk kulit halus di sekitar mata Anda, mulailah dengan produk yang lebih lembut. Dr. King merekomendasikan PÜR Beauty Tone Up Niacinamide Firming Eye Serum ini, yang menggunakan niacinamide untuk membantu memperbaiki tekstur dan warna kulit. "Ini juga mengandung antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas," kata Dr. Humektan dan emolien seperti asam hialuronat, gliserin, dan squalane bekerja untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mendukung pelindung pelindung alami Anda, sementara ekstrak akar kunyit memberikan dorongan yang mencerahkan.

Retinol adalah bahan yang populer karena kemampuannya yang multifungsi. Selain merangsang produksi kolagen untuk membantu mempromosikan kulit lebih kencang dan montok, bahan kuat juga meningkatkan tekstur dengan meningkatkan pergantian sel kulit untuk menghilangkan penumpukan kulit mati yang dapat berkontribusi pada pori-pori tersumbat dan bercak kasar.

2. Retinol Fusion PM Night Serum Peter Thomas Roth

Retinol Fusion PM Night Serum Peter Thomas Roth menggunakan konsentrasi retinol 1,5 persen ampuh yang telah dienkapsulasi untuk mengantarkan bahan lebih lambat, yang juga membantu retinol menembus lebih dalam dan meminimalkan risiko iritasi. Serum ini juga mengandung vitamin C, yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit karena mendukung produksi kolagen, dan bahan-bahan seperti squalane, bisabolol, dan vitamin E menawarkan manfaat menenangkan dan melembapkan. Anda sebaiknya tetap menggunakan serum ini hanya pada malam hari, dan mulai dengan menerapkannya dua kali seminggu, secara bertahap hingga penggunaan malam hari saat kulit Anda menyesuaikan diri.

Sama menakjubkannya dengan retinol, itu tidak datang tanpa kekurangannya. Untuk jenis kulit sensitif, retinisasi (alias kemerahan, kering, dan perih) yang awalnya bisa terjadi dengan penggunaan retinol bisa jadi tidak nyaman. Jika Anda merasa kulit Anda tidak mentolerir retinol, Dr. King berbagi bahwa bahan nabati, bakuchiol, dapat memberi Anda manfaat serupa tanpa iritasi.

3. COSMEDIX Bakuchiol Complete 

COSMEDIX Bakuchiol Complete adalah salah satu dari rekomendasi serum teratas Dr. King untuk formulanya yang lembut. Karena bakuchiol bekerja untuk merangsang pergantian sel kulit dan mendorong produksi kolagen, yang dapat membantu meningkatkan tekstur kulit yang lebih halus, Dr. King mencatat bahwa emolien seperti squalane, minyak biji jojoba, dan minyak biji kelor membantu mendukung penghalang kulit.

"Jika kulit Anda rentan terhadap pori-pori tersumbat, hindari bahan komedogenik," kata Dr. King, merekomendasikan jenis kulit berminyak dan berjerawat mencari serum dengan asam salisilat.

4. Dermalogica 

Age Bright Clearing Serum dari Dermalogica menggunakan asam salisilat dua persen untuk bekerja lebih dalam di pori-pori, di mana ia memecah minyak dan kotoran yang dapat terperangkap dan menyebabkan jerawat. Untuk lebih membantu mempromosikan tekstur dan warna kulit yang lebih merata, Anda akan menemukan niacinamide, ekstrak jamur shiitake putih, dan asam fitat dalam formulanya.

ELITE DAILY

Baca: 8 Rekomendasi Serum Retinol Lokal Terampuh Mulai dari Rp 20 Ribuan!

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."