Cara Menyimpan Buah Bit Utuh atau Potongan

Ilustrasi smoothie buah bit. shutterstock.com

kuliner

Cara Menyimpan Buah Bit Utuh atau Potongan

Rabu, 23 November 2022 17:30 WIB
Reporter : magang_merdeka Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah bit adalah sejenis sayuran umbi yang manis dengan tampilan warna merah keunguan cerah. Buah bit akan terasa lezat jika dihidangkan dengan cara yang benar, seperti ditambahkan dalam salad dan sandwich. Jika disimpan dengan cara yang benar pula, buah bit bisa bertahan lebih lama. Berikut cara menyimpan buah bit utuh atau potongan agar tetap segar dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Cara Menyimpan Buah Bit Utuh

Untuk menyimpan bit utuh dengan benar, mulailah dengan memotong semua kecuali potongan buah bit. Buang bit ekstra, atau simpan untuk ditumis dengan bawang putih dan minyak zaitun untuk lauk sederhana. Disarankan jangan membuang kulitnya untuk melindungi bagian dalam buah bit agar tetap segar. Hindari untuk mencuci buah bit karena jika lembap, maka akan mempercepat pembusukan pada buah bit. 

Simpan bit utuh di lingkungan yang sejuk dan kering di rak kulkas. Tidak perlu memasukkannya ke dalam kantong plastik atau wadah lain terlebih dahulu agar tak menghambat ventilasi. Agar bisa bertahan lebih lama selama dua bulan, alangkah baiknya jika buah bit disimpan di kulkas

Cara Menyimpan Buah Bit Potongan

Cara terbaik untuk menyimpan potongan bit adalah menyimpan buah bit potongan ke dalam wadah yang dilapisi dengan tisu basah di dalam kulkas. Dengan metode ini, potongan bit akan bertahan sekitar lima hari. Buah bit bisa distok untuk digunakan makan dengan salad atau smoothie. 

Bisakah buah bit dibekukan?

1. Jika ingin membekukan buah bit, alangkah lebih baik jika memasaknya terlebih dahulu, karena bit mentah cenderung mudah lembek jika langsung dibekukan. 

2. Untuk membekukan bit, disarankan untuk merebusnya selama sekitar 25 menit, atau hingga buah bit mudah ditusuk dengan pisau. Setelah itu, pindahkan buah bit ke bak air es hingga dingin.

3. Setelah bit mendingin, keluarkan dari air dan iris dalam bentuk dan ukuran apa pun yang kamu inginkan. Kemudian taruh di atas loyang.

4. Tempatkan loyang di dalam freezer selama sekitar satu jam, atau sampai bit membeku. Lalu pindahkan bit ke kantung freezer.

Bit yang dimasak  dan dibekukan akan bertahan sekitar satu tahun. Tips penting, buah bit yang sudah dicairkan tidak disarankan dimakan dengan salad atau sandwich. Buah bit yang sudah dicairkan akan terasa lebih lezat jika untuk saus dan smoothie. 

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | REAL SIMPLE

Baca juga: 8 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika