Putra Nikita Willy Jalani Momen Tedak Siten, Ini Maknanya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Pasangan Nikita Willy dan Indra Priawan mengadakan prosesi tedak siten putranya Issa Xander Djokosoetono/Foto: Instagram/Thepotomoto

Pasangan Nikita Willy dan Indra Priawan mengadakan prosesi tedak siten putranya Issa Xander Djokosoetono/Foto: Instagram/Thepotomoto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan Nikita Willy dan Indra Priawan Djokosoetono baru-baru ini menggelar acara tedak siten untuk putra semata wayangnya, Issa Xander Djokosoetono, atau akrab disapa Baby Issa. 

Acara tedak siten Baby Issa ini digelar lantaran buah hati Nikita Willy dan Indra Priawan itu telah menginjak usia 7 bulan. Diketahui Baby Izz sendiri lahir pada 7 April 2022,  Saat itu, Nikita Willy melahirkan putra pertamanya di sebuah rumah sakit di Los Angels, Amerika Serikat. 

Momen tedak siten tersebut juga diunggah di laman Instagram The Poto Moto. Mereka bertiga tampil serasai dengan busana adat jawa berwarna biru terang atau powder blue. Baby Issa dan Indra Priawan kompaknya mengenakan beskap dan blankon, sementara Nikita anggun pakai kebaya biru karya Didiet Maulana. Tak lupa rambutnya ditata dengan sanggul tradisional. 

Acara tedak siten Baby Issa itu pertama kali diketahui dari unggahan di Instagram Stories Nikita Willy dan Indra Priawan pada Minggu, 20 November 2022. 

Sebagai informasi, melansir laman Kemdikbud, tedak siten adalah upacara daur hidup yang dilakukan oleh masyarakat Jawa untuk memperingati seorang anak (bayi) yang telah berusia sekitar tujuh lapan atau delapan bulan. Tedak siten berasal dari kata tedhak yang artinya turun dan siti yang artinya tanah sehingga upacara ini juga disebut dengan istilah upacara turun tanah. 

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, upacara ini dimaksudkan sebagai simbul bagi anak-anak untuk bersiap-siap menjalani hidup melalui tuntunan orang tua agar nantinya dapat tumbuh menjadi anak yang mandiri.

Baca: Alasan Nikita Willy Tak Berikan Gawai pada Anak saat Makan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."