Mengenal Apa Itu Love Language Quality Time, Ciri dan Contohnya

Ilustrasi pasangan. Unsplash.com/Priscilla du Perez

cinta

Mengenal Apa Itu Love Language Quality Time, Ciri dan Contohnya

Sabtu, 19 November 2022 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Waktu berkualitas (quality time) salah satu bentuk bahasa cinta (love language. Seperti apa bentuk love language quality time itu? Seperti namnya, bahasa cinta ini berarti menghabiskan waktu yang penuh perhatian dengan orang-orang yang dicintai.

Kuncinya kamu dan pasangan benar-benar terlibat satu sama lain secara aktif, tidak sibuk menatap gawai, menurut pekerja sosial klinis berlisensi dan penulis Writing with Love, Ashley Starwood.

“Waktu berkualitas adalah memberikan perhatian penuh kepada pasangan,” kata Valerie Poppel, seksolog klinis dan salah satu pendiri The Swann Center, sebuah organisasi yang menawarkan pendidikan dan pelatihan seksual inklusif.

Dr. Poppel mengatakan orang-orang dengan love language ini sangat menghargai berada di ruang yang sama—secara fisik, emosional, dan mental—dengan orang yang dicintai.

Tanda-tanda Love Language Quality Time

Waktu berkualitas sebagai bahasa cinta terkadang terasa sulit untuk ditentukan karena kebanyakan orang mendambakan waktu bersama sampai taraf tertentu. Faktor utama di sini adalah kamu menemukan waktu berkualitas sebagai sumber validasi terbesar dalam hubungan, kata terapis perkawinan dan keluarga berlisensi, Alysha Jeney.

“Kamu merasa paling dicintai saat kamu dan orang yang kamu cintai menghabiskan waktu bersama tanpa gangguan,” jelasnya. “Kamu dapat menikmati keterlibatan yang berkualitas, kontak mata, dan komunikasi timbal balik."

Sekali lagi, bagian yang sulit adalah banyak dari kita menikmati menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang kita sampai taraf tertentu. Namun, orang dengan bahasa cinta ini biasanya berusaha keras untuk mewujudkannya.

“Orang dengan bahasa cinta waktu berkualitas akan sering menetapkan rencana bersama untuk memprioritaskan waktu bersama pasangan mereka,” kata Damona Hoffman, pelatih kencan resmi OkCupid dan pembawa acara podcast Dates & Mates.

Tanda lain orang dengan love language quality time adalah merasa sangat sakit hati jika orang yang kamu cintai tampak teralihkan perhatiannya saat berbicara dengan mereka. Mereka juga merasa kesepian jika kamu tidak punya cukup waktu bersama, atau merasa sangat kesal jika aktivitas atau waktu bersama dibatalkan atau ditunda.

Baca juga: Chelse Olivia Ungkap Kunci Romantis dengan Suami: Bahasa Cinta Kami Sama

Contoh Waktu Berkualitas

Berikut beberapa ide waktu berkualitas yang disarankan para ahli untuk dipertimbangkan saat mencoba membuat pasangan merasa dicintai.

- Menonton acara atau film secara aktif bersama-sama tanpa ponsel

- Memulai serial TV baru bersama

- Membaca buku dengan suara keras

- Memasak bersama

- Pergi ke taman anjing bersama

- Pergi berjalan-jalan di sekitar kompleks

- Makan di luar tanpa ponsel 

- Minum kopi bersama

- Pergi berbelanja bahan makanan

- Kerja sosial bersama

- Aktif mendengarkan dan menanggapi cerita

- Tak melihat gawai saat berbincang secara langsung

- Memiliki percakapan yang merangsang

- Mengerjakan proyek rumah bersama

- Merencanakan liburan bersama

- Berolahraga atau mendaki bersama

- Mengerjakan hobi baru sebagai pasangan

- Membahas dan merencanakan tujuan Anda bersama

- Menjadwalkan malam kencan mingguan

- Bersantai bersama

Seperti yang kamu lihat, ada banyak cara berbeda untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan Tetapi karena preferensi dapat bervariasi, Dr. Poppel menyarankan untuk meminta pasangan kamu untuk membagikan 10 hal yang benar-benar ingin mereka lakukan, dan kemudian melakukan semuanya bersama mereka.

Apa pun kegiatannya, tujuannya di sini adalah untuk terlibat secara aktif. "Cukup memberikan perhatian penuh pada pasangan, kontak mata, dan mendengarkan secara aktif juga merupakan cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama," jelas Starwood.

Bentuk Quality Time saat LDR

Pendidik kesehatan seksual dan pendiri blog kebugaran It's Just a Coochie, Jasmine Akins mengatakan ada banyak cara waktu berkualitas saat hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Contohnya, kencan makan siang virtual, jalani rutinitas pagi sambil panggilan video.

Jika Love Language Pasangan Kamu Quality Time

Untuk mewujudkannya, Akins mengatakan kamu harus memprioritaskannya. Rencanakan kegiatan dan malam kencan mingguan/bulanan yang berpusat pada perencanaan aktivitas di masa depan. Dan ketika waktu yang berkualitas terjadi, singkirkan ponsel dan gunakan bahasa tubuh untuk menunjukkan bahwa kamu hadir.

Jika Quality Time adalah Love Language Kamu

Kamu perlu memberi tahu pasangan secepatnya. Karena pasangan sering kali memiliki bahasa cinta yang berbeda, jika pasangan tidak tahu seberapa tinggi kamu menghargai waktu berkualitas, mereka mungkin tidak akan berusaha keras untuk merencanakan kencan malam.

Dan meskipun tidak ada yang salah dengan menginginkan perhatian dari pasangan, Starwood mengatakan penting untuk memiliki kesadaran di sekitar saat meminta dan tidak pantas untuk memintanya. "Menyisihkan waktu untuk satu sama lain dapat membantu menghilangkan tekanan untuk membuat setiap aktivitas menjadi waktu yang berkualitas," sarannya.

Seperti love language lainnya, untuk memahami love language quality time itu membutuhkan komunikasi dan rasa hormat.

COSMOPOLITAN

Baca juga: Cara Mengetahui Love Language Pasangan, dari Kata-kata hingga Sentuhan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika