BTS Masuk Nominasi Grammy Award 2023, Kategori Best Pop dan Music Video

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
BTS luncurkan album antologi berjudul Proof pada Jumat, 10 Juni 2022. Foto: Instagram/@bts.bighitofficial

BTS luncurkan album antologi berjudul Proof pada Jumat, 10 Juni 2022. Foto: Instagram/@bts.bighitofficial

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Boy Group asal Korea Selatan, BTS masuk dalam tiga kategori nominasi Grammy Awards 2023. Recording Academy resmi mengumumkan nominasi Grammy Awards 2023 itu pada Selasa, 15 November 2022. 

Salah satu nominasi tersebut ialah nominasi Best Music Video untuk lagu ‘Yet To Come’, yakni lagu utama dari album antologi PROOF. Selain itu, dua nominasi lainnya yakni nominasi Best Pop Duo/Group untuk ‘My Universe’ bersama band Coldplay dan Album of the Year sebagai musisi tamu di album Music of the Spheres. 

Untuk pertama kalinya BTS mendapatkan nominasi Grammy Award lebih dari satu di tahun yang sama. BTS juga mendapatkan nominasi Best Pop Duo/Group tiga kali berturut-turut. BTS juga menjadi satu-satunya artis musik yang dinominasikan tiga tahun berturut-turut sejak diperkenalkan sebagai bagian dari perombakan struktur kategori Grammy pada tahun 2011.

Sebelumnya, K-Pop BTS dinominasikan ke dalam kategori Best Pop Duo/Group untuk pertama kalinya dengan lagu “Dynamite” (2020) dan “Butter” (2021).

Catatan lain yang mengesankan ialah, nama tiga rapline BTS tertulis dalam daftar lagu Album of the Year. Dikutip dari laman resmi Grammy Awards, kategori Album of the Year diberikan kepada setiap orang yang berpartisipasi dalam pembuatan album, termasuk artis, artis tamu, penulis lagu dari lagu baru, produser, dan teknisi rekaman, mixer, dan mastering. Ketiga rapline BTS itu yakni Kim Namjoon (RM), Min Yoongi (Suga), dan Jung Hoseok (J-Hope) tercantum di antara personel Coldplay, produser, dan semua anggota tim yang terlibat dalam produksi album Music of the Spheres.

RM, Suga BTS, dan J-Hope merupakan penulis lirik berbahasa Korea di lagu “My Universe” yang merupakan bagian dari album tersebut. Itu berarti mereka juga merupakan nomine Grammy Awards meskipun seandainya BTS tidak didaftarkan sebagai artis tamu.

Baca: BTS Bersiap Wajib Militer, Rencana Eksis jadi Grup Lengkap Tahun 2025

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | SOOMPI | BILLBOARD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."