Manfaat Ampas Kopi, dari Scrub Kulit Hingga Penghilang Bau Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ampas kopi (tabloidbintang.com)

Ampas kopi (tabloidbintang.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menyeduh kopi akan menyisakan ampas di dasar gelas. Umumnya ampas ini akan berakhir di pembuangan menjadi sampah. Namun ternyata bukan hanya air seduhannya saja yang bisa dimanfaatkan, ampas kopi ini juga bisa digunakan untuk berbagai hal.  Medical News Today mencatat berbagai manfaat ampas kopi, simak berikut ini: 

1. Penghilang bau badan 

Siapa sangka, ampas kopi bisa menghilangkan bau badan. Hal ini lantaran kafein dalam ampas kopi berkarbonasi dapat menghilangkan bau. Cara kerjanya yaitu dengan menyerap molekul hidrogen sulfida dari udara. Inilah mengapa ampas kopi bisa dibuat menjadi sabun untuk menetralisir bau tak sedap setelah dimasak. 

2. Scrub 

Bukan rahasia lagi jika kopi punyai manfaat yang bagus untuk kulit. Teksturnya yang cukup kasar membuat ampas bisa dijadikan scrub. Caranya dicampurkan dengan air, madu, atau minyak kelapa. Scrub ini dapat digunakan di seluruh tubuh. 

Tujuannya untuk menghilangkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit. Sehingga membuka pori-pori, membersihkan kulit, dan mengurangi jerawat. Bahkan scrub ini juga dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan mengurangi munculnya garis-garis halus. 

Sebuah penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa asam caffeic, antioksidan yang ada dalam kopi, dapat mengurangi penuaan dini serta meningkatkan kadar kolagen. 

3. Obat nyamuk

Jika kopi punyai berbagai manfaat untuk manusia, bagi serangga kopi justru beracun. Sebab, kopi mengandung diterpen, yang beracun untuk serangga. Sehingga kopi bisa menjadi obat nyamuk. Kopi sebagai obat nyamuk ini berdasarkan penelitian tahun 2015 lalu yang menemukan bahwa nyamuk cenderung tidak menetas jika ada kopi di lingkungan mereka. Satu studi 2018 menemukan bahwa meskipun kopi bisa mengusir semut secara efektif, meskipun bubuk kopi tidak beracun bagi koloni semut.

4. Pewarna alami

Untuk mendapatkan berbagai warna cokelat, ampas kopi bisa dijadikan pewarna alami, karena memiliki warna yang kuat, dan ampas kopi dapat mewarnai kain alami. Bahkan sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa bubuk kopi adalah pewarna alami yang potensial untuk digunakan dalam skala komersial.  Hal ini dikarenakan kain yang diwarnai para peneliti dalam penelitian ini tetap tahan warna sesuai standar industri. Kopi juga bisa digunakan untuk mewarnai rambut, meskipun mungkin tidak menghasilkan perubahan warna yang signifikan atau bertahan lama.   

5. Pelunak daging 

Saat memasak daging merah, kita kerap dihadapkan dengan masalah daging yang tak kian empuk. Ini membutuhkan bantuan pelunak daging untuk memecah serat dalam daging agar lebih lembut dan lebih mudah untuk dimakan.  

Bubuk pelunak daging umumnya menggunakan asam dan enzim dari buah-buahan seperti nanas dan pepaya. Enzim ini juga bisa ditemukan pada ampas kopi, karena bersifat asam dan mengandung enzim yang juga dapat memecah serat dalam daging. 

6. Produk restorasi furnitur

Ampas kopi juga dapat digunakan untuk mengembalikan furnitur kayu yang tergores. Hal ini karena warna dari kopi yang kuat. Caranya dengan mencampur ampas kopi dengan air, lalu mengoleskan pasta yang dihasilkan ke goresan pada furnitur kayu agar sesuai dengan warna aslinya.

Baca: Tips Membuat Sabun dari Ampas Kopi, Hanya Pakai 4 Bahan Dasar

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."