Tips Membuat Sabun dari Ampas Kopi, Hanya Pakai 4 Bahan Dasar

Produk sabun mandi buatan Koperasi Akar Tani Walhi/Foto: Doc. Walhi

kecantikan

Tips Membuat Sabun dari Ampas Kopi, Hanya Pakai 4 Bahan Dasar

Rabu, 8 Juni 2022 11:07 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaAmpas kopi yang semula tidak bisa dijadikan apa-apa, ternyata dapat dimanfaatkan menjadi produk perawatan kulit dan kecantikan, antara lain sabun mandi padat, body scrub, body butter hingga lip balm.

Industri kecantikan mulai selangkah lebih maju mengembangkan produk perawatan kulit atau skincare dan body care yang berasal dari bahan alami untuk memberikan hasil yang alami dan sehat. Hal ini juga dilakukan oleh salah seorang pengusaha sekaligus konsultan dalam Koperasi Akar Tani, Eka Wulandari dalam live instagram Cantika pada 3 Juni 2022 bahwa ampas kopi juga dapat digunakan untuk merawat kulit.

"Ternyata kopi juga mengandung banyak manfaat bagi kulit, jadi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saat diminum, ternyata untuk kulit itu banyak manfaatnya. Antara lain untuk mencegah penuaan, mengandung antioksidan, dan mengangkat sel kulit mati. 

Body scrub olahan dari kopi buatan Koperasi Akar Tani/Foto: Doc. Walhi

Lalu apakah sabun dari bahan ampas kopi itu bisa dibuat sendiri? Tentu saja bisa dengan menyiapkan beberapa bahan yang menjadi bahan utama dalam pembuatan sabun.

Bagaimana cara membuatnya, berikut tips membuat sabun dari ampas kopi.

1. Siapkan bahan Minyak kelapa, Air suling, dan Soda Api

Bahan-bahan alami ini dapat ditemukan di toko bahan kimia (air sulling dan soda api). Kandungan dari minyak kelapa penghasil busa terbaik dimana dapat memberikan kelembaban alami yang berfungsi untuk melembutkan kulit tanpa membersihkan minyak alami kulit.

2. Campurkan air suling dan soda api

Air murni yang digunakan adalah air yang telah melalui proses kimia yang dapat digabungkan dengan soda api untuk membuat zat baru yaitu gliserin. Sebagai turunan dari garam (soda api) ini bahan utama yang jika digabungkan bersama air suling maka akan menghasilkan satu zat gliserin yang dapat membantu membersihkan dan melembutkan kulit. Bahan ini bisa ditemukan di tokoh bahan kimia dan memperhatikan sarung tangan karet dan masker.

3. Campurkan ampas kopi

Masukkan ampas kopi ke dalam campuran zat glycerin dengan cara diaduk menggunakan magkuk atau hand blender dan bisa ditambahkan essensial kopi dan di blender dan masukkan ke cetakan

4. Diamkan selama dua hingga tiga minggu

Pendinginan selama berminggu-minggu ini ditujukan untuk membiarkan zat gliserin dapat menyatu dengan formula ampas kopi dengan maksimal.

Baca: Merintis Produk Perawatan Kulit Alami Berbahan Kopi, Intip Profil Eka Wulandari

WIBI PUTRI R.