4 Cara Atasi Jerawat, Gaya Hidup Sehat Hingga Rutin Bersihkan Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap orang pasti ingin memiliki kulit bersih dan sehat. Kulit yang sehat bisa jadi representasi kesehatan tubuh seseorang. Kulit sehat juga bisa memberikan kesan pertama yang baik bagi lawan bicara. Sayang, ada saja tantangan yang harus dialami demi mendapatkan kulit sehat dan bersih. Masalah jerawat adalah masalah yang paling umum dirasakan seseorang. Tapi jangan khawatir karena ada cara atasi jerawat yang bisa membuat kamu memiliki kulit bersih dan sehat. 

Sebelum mengetahui cara atasi jerawat, penting sekali untuk kamu mengetahui faktor penyebab jerawat. Faktor penyebab jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, yakni infeksi bakteri Propionibacterium acnes, faktor genetik, lingkungan, hormonal dan gaya hidup seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, stres, kurang tidur. Faktor lainnya adalah asupan makanan yang kurang sehat.

Setelah mengetahui faktor penyebab jerawat yang mungkin kamu alami, pahami 4 cara atas jerawat yang perlu kamu lakukan seperti dilansir dari keterangan pers yang diterima Cantika pada 14 November 2022. 

1. Secara rutin membersihkan wajah

Cara pertama atasi jerawat adalah dengan mencegah jerawat itu timbul. Biasanya jerawat timbul pada kulit wajah yang cenderung berminyak. Cara atasi jerawat dengan kondisi wajah seperti ini adalah dengan mencuci wajah secara rutin maksimal 2 kali sehari menggunakan sabun khusus jerawat. Mencuci jerawat secara teratur akan membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah sekaligus membantu membersihkan pori-pori dari resiko tersumbat akibat pemakaian kosmetik dan kotoran debu yang hinggap saat beraktivitas.

2. Gunakan obat jerawat

Untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat, perlu juga kiranya untuk mengaplikasikan obat jerawat dalam bentuk krim, salep ataupun gel yang mengandung, asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan sulfur. Bila cara atasi jerawat model ini tidak membuahkan hasil maksimal, segera konsultasikan kondisi wajahmu dengan dokter kulit.  

3. Menerapkan gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat mungkin mudah diucap, namun susah dilaksanakan. Masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya menerapkan gaya hidup sehat untuk memperoleh kulit yang sehat. Para ahli setuju bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat, serta mengatasi jerawat perlu untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, gaya hidup sehat perlu didukung dengan rutin berolahraga, tidak mengkonsumsi minuman keras dan tidak merokok.

4. Mengkonsumsi suplemen atau vitamin

Selain melakukan rangkaian perawatan kulit dari luar, penting juga kiranya untuk melakukan perawatan kulit dari dalam tubuh dengan mengkonsumsi suplemen. Beberapa suplemen khusus untuk kulit dan solusi perawatan dari dalam untuk kulit berminyak dan berjerawat yakni NourishSkin, Marine protein dan Collagen.

Bagaimana pandanganmu soal cara atasi jerawat di atas? Cara mana yang sering terlewat olehmu?

Baca: 3 Cara Gampang Atasi Jerawat Hormonal

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."