3 Cara Gampang Atasi Jerawat Hormonal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat hormonal mungkin sering menjadi masalah buat banyak orang karena munculnya yang tiba-tiba. Jerawat jenis ini juga biasanya muncul saat kita sedang menstruasi.

Lalu apa yang membedakan jerawat hormonal dengan jerawat biasa? Jerawat hormonal biasanya berbentuk besar-besar dan muncul di area dagu, rahang, dan pelipis. Selain itu, radang pada jerawat hormonal juga terhitung lebih lama dibanding jerawat biasa. Untuk mengatasinya, coba tips berikut.

Baca juga:
Sudah Bersihkan Wajah Masih Jerawatan, Cek Kesalahannya Berikut

#Coba obat totol
Spot treatment atau obat totol jerawat sangat dianjurkan untuk mengobati jerawat hormonal. Ada baiknya untuk mengaplikasikan obat totol jerawat yang memiliki kandungan benzoil peroksida atau asam salisilat. Kandungan itu disebut ampuh mengobati jerawat yang sedang meradang, sehingga membuat jerawat lebih cepat kempes.

#Mengurangi makanan manis
Hormon testosteron saat menstruasi dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit, apalagi ketika sedang menstruasi. Terlalu banyak makanan manis akan membuat produksi minyak bertambah sehingga membuat pori-pori tersumbat.

Artikel lain:
Makanan dan 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Jerawat Muncul di Punggung

 

#Lakukan eksfoliasi
Mengeksfoliasi kulit sangat dianjurkan sebelum menstruasi. Eksfoliasi sebelum menstruasi disebut dapat membantumu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Jerawat biasanya muncul ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."