Maudy Ayunda Ungkap Tips Memulai Investasi untuk Anak Muda

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Maudy Ayunda. Foto: Instagram/@maudyayunda

Maudy Ayunda. Foto: Instagram/@maudyayunda

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Fenomena anak muda yang lebih menghabiskan banyak uang untuk hidup sosialita, menghamburkan uang dan tidak menyisihkan uang untuk menabung. Mengatur dan mengelola keuangan menjadi penting untuk semua orang. 

Aktris, penyanyi, dan aktivis muda, Maudy Ayunda membagikan pengetahuan dan pengalamannya dalam Acara Talkshow Lazada Women’s Fest. Menurut Maudy, mencari informasi atau melakukan riset tentang keuangan harus disesuaikan sendiri, bisa dimulai dengan memilih yang mudah. 

“Setiap keuangan orang financial literacy harus custom, tapi kalau menurut aku cari yang mudah, cari yang do-able karena seringkali misalnya dikasih tau a,b,c,d tapi ribet. Aku mikir berapa kali, malah akhirnya malah ga jadi aku masukin atau akhirnya tetap bertahan di tabungan aku,” ucap Maudy dalam acara Talkshow Lazada Women’s Fest di Jiexpo Convention Center, Jakarta pusat pada Jumat, 11 November 2022.

Maudy memberitahu langkah awal fokus pada satu tujuan, platform atau aplikasi semakin maju dan berkembang membantu dan memudahkan kita dalam mengelola keuangan.“Pilih saja satu digital platform kita fokus di situ aja, atau kita ada tabungan, sekarang banyak banget program-program bisa dimasukkan dalam reksadana. Jadi, ada hal-hal yang mudah di sekitar kita yang bisa kita lakukan kayak sekarang dengan hanya beberapa klik,” kata Maudy.

Maudy Ayunda turut memberikan tips dan trik untuk generasi muda dalam memulai investasi. “Yang pertama adalah kita itu harus mengurangkan pengeluaran yang berbasis ego,” kata Maudy. “Yang dimaksud oleh ego, ego itu pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya lebih karena Fomo (Fear of missing out), lebih karena keinginan dan bukan kebutuhan,” tutur Maudy.

Menurut Maudy, menahan keinginan itu sangat penting karena akan berdampak pada tabungan kamu, berkurangnya pemasukan menyulitkan kamu untuk dapat berinvestasi. Sebaiknya sisihkan sebagian pemasukan untuk ditabung.

“Penting karena tabungan kita tuh tergantung pada jumlah yang kita keluarkan. Sementara kalau kita pengen berinvestasi, kita harus punya tabungan. Jadi, harus ada dulu nih yang disisihkan gitu,” tulis Maudy.

Langkah selanjutnya, memeriksa pemasukan dan pengeluaran dalam rekening bank juga penting, agar dapat mengetahui jumlah yang dapat kita investasikan untuk segera menyusun perencanaan keuangan selanjutnya.

“Setelah itu, kita harus self audit juga, kita harus tau nih kira-kira kita saldo di bank tuh stabilnya berapa. Nominalnya berapa persen nih yang kita bisa investasikan, kita evaluasi dulu, posisi finansialnya seperti apa, dari situ kita bisa financial planning,

Langkah terakhir yang dapat dilakukan dengan menambah saldo pada platform investasi, saham langsung, maupun Real Estate. Jangan lupa, sebelum itu lakukan riset dan cari tahu dahulu profil hingga resikonya.

“Terakhir itu, pilih mau masukin reksadana, mau masukin ke saham langsung, kita jadi aktif investor, masukin ke real estate, itu tergantung lagi dengan jumlah yang dimasukkan dan juga profil, risiko kita masing-masing gitu.”

Baca:  Fashion Liburan Maudy Ayunda saat Musim Gugur di London, Dominan Jaket Tebal

JESSYCA GAZELLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."