Rutinitas Skincare untuk Kulit Kombinasi, Ada 5 Langkah

Ilustrasi kulit wajah kombinasi. shutterstock.com

kecantikan

Rutinitas Skincare untuk Kulit Kombinasi, Ada 5 Langkah

Minggu, 13 November 2022 18:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Menemukan rejimen perawatan kulit alias skincare yang tepat untuk kulit kombinasi bisa menjadi tantangan. Mengingat berbagai area wajah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, di satu sisi berminyak, sementara di sisi lainnya kering. Meski kadang menantang, berikut rutinitas skincare untuk kulit kombinasi.

1. Gunakan Pembersih Wajah Gel

Produk perawatan kulit bekerja pada area kulit kering belum tentu berhasil pada area berminyak, oleh karena itu lebih baik menggunakan pembersih yang dapat menutrisi dan meratakan area kering sekaligus menghidrasi dan mempertahankan area berminyak.

Selalu awali hari kamu dengan membersihkan wajah menggunakan pembersih yang lembut dan ringan. Pembersih harus memiliki tekstur gel dan mengandung vitamin serta antioksidan. Rutin bersihkan wajah sebelum dan sesudah tidur. 

2. Wajib Pakai Toner

Kulit kombinasi membutuhkan kelembapan yang cukup banyak, dan beberapa area wajah kamu membutuhkan kontrol minyak. Toner yang sangat baik memberi nutrisi dan menenangkan kulit, mengurangi peradangan, berjerawat, stres oksidatif, dan kekeringan.

Pilih toner bebas alkohol yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

3. Rutin Eksfoliasi

Pengelupasan sel kulit mati alias eksfoliasi sangat penting untuk menjaga kulit kombinasi dalam kondisi baik. Pengelupasan, di sisi lain, dapat memperparah kulit kering, oleh karena itu orang dengan kulit kombinasi harus menggunakan pengelupas kulit terbaik yang tersedia.

4. Kurangi Minyak Berlebih

Ketika lemak dan minyak menumpuk di kulit bercampur dengan kotoran, itu menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Manfaatkanlah kertas minyak atau blotting paper untuk menyerap minyak berlebih pada kulit. Kertas-kertas ini cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam tas kamu dan dapat memberikan solusi cepat untuk mengurangi minyak berlebih di siang hari. Untuk menghindari gangguan pada kadar lipid normal kulit kamu, pilih kertas minyak dengan bahan sesedikit mungkin.

5. Melembapkan Kulit

Kulit kombinasi cenderung berminyak di zona-T, tetapi kering di bagian lain. Jadi, pelembap berbahan dasar air yang lembut akan ideal untuk memulihkan keseimbangan kulit. Kamu bahkan dapat menggunakan pelembap ringan dan halus yang sama untuk mengatasi bercak kering dan berminyak.

Beberapa ahli juga menyarankan untuk menggunakan dua pelembap yang berbeda untuk mengatasi masalah kulit kamu masing-masing.

Perlu diingat, sebelum memulai rutinitas skincare apa pun, praktik apa pun, kamu harus melakukan uji tempel sebelum menerapkan produk apa pun ke wajah, termasuk bagi pemilik kulit kombinasi.

PINK VILLA

Baca juga: Wajah Anda Jenis Kulit Kombinasi? Ini Cara Pilih Pelembapnya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika