6 Resep Olahan Daging Sapi Praktis, Ada Rawon Hingga Sogogi Muguk

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Oseng Mercon Daging Sapi/Youtube-Resep Masakan Sederhana - ReMaNa

Oseng Mercon Daging Sapi/Youtube-Resep Masakan Sederhana - ReMaNa

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Daging sapi banyak digemari oleh berbagai kalangan usia. Tidak hanya karena rasanya yang enak. Namun daging sapi kaya akan protein, zat besi, dan vitamin yang bagus untuk tubuh. Walau enak, banyak juga yang bingung resep olahan daging sapi apa saja yang mudah untuk dibuat.

Berikut macam-macam resep olahan daging sapi yang praktis dan juga cepat diproses.

1.Swedish Meatball 

Olahan daging sapi yang praktis untuk kamu coba adalah Swedish Meatball atau bakso Swedia dari akun Tiktok @risaliaicha. Biasanya makanan ini ada di food court Ikea. Dengan mencoba resep ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Ikea karena bisa membuatnya sendiri di rumah dan tentunya lebih hemat.

Bahan untuk bakso: 

-Olahan daging sapi giling secukupnya

-Bombay cincang halus

-Saus tiram

-Kaldu jamur 

-Merica

-Garam

-Tepung roti dihaluskan

-1 butir telur

Bahan untuk krim saus : 

-Daun bombay cincang halus

-Jamur kancing

-1 sdm tepung

-Susu full cream

-Merica bubuk

Cara Membuat : 

Untuk membuat baksonya campurkan semua bahan di atas dan aduk secara merata. Setelah itu bulat-bulatkan dan goreng di minyak dengan api sedang. Setelah bakso berwarna keemasan, angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Lanjut membuat krim saus dengan menumis bahan krim saus di atas secara bersamaan. Jika sudah mengental, masukkan bakso daging yang telah digoreng tadi. Tuang ke mangkuk dan bisa tambahkan mashed potato atau kentang tumbuk yang sudah di bumbui.

2. Kol Gulung Isi Shirataki Daging Dengan Saus Tomat

Kol Gulung Isi Shirataki Daging Dengan Saus Tomat/ Youtube -Tastemade Indonesia

Resep olahan daging sapi selanjutnya adalah kol gulung isi shirataki daging dengan saus tomat. Makanan cocok untuk kamu yang sedang menjalani program diet Karena bisa membuat kenyang lebih lama. Untuk resep karya akun Youtube Tastemade Indonesia ini, ada beberapa bahan yang mungkin hanya bisa ditemukan di supermarket atau online shop, seperti daun thyme, shirataki dan kecap Inggris.

Bahan : 

-Siapkan enam lembar kol

-250 g daging sapi giling

-100 g  nasi shirataki

-¼ bawang bombai cincang sampai halus

-1 siung bawang putih

-½ sdt daun thyme yang sudah dihaluskan

-1 sdt paprika bubuk

-1 butir telur

-1 sdm kecap inggris

-Garam

-Kaldu jamur

-Lada hitam

Bahan untuk saus : 

-400 g tomat

-3  bawang putih cincang

-½  bawang bombai cincang

-½ sdt oregano

-Garam

-Kaldu jamur

Cara membuat : 

Rebus kol hingga layu dan taruh di wadah lain terlebih dahulu. Campurkan semua bahan tadi sampai merata. Setelah itu bahan tadi bungkus dan lipat dengan kol. Setelah itu panggang sebentar.
Lalu lanjut membuat saus dengan cara tumis jadi satu bahan untuk saus tadi. Lalu tuang di atas kol dan panggang selama 25 menit setelah itu langsung bisa disantap.


3. Oseng Mercon Daging Sapi

Oseng Mercon Daging Sapi/Youtube-Resep Masakan Sederhana - ReMaNa

Akun Youtube Resep Masakan Sederhana - ReMaNa membagikan resep olahan daging sapi yang pedas ini wajib kamu coba. Untuk membuat oseng mercon cukup menggunakan bahan-bahan dapur yang ada di rumah. Kalian wajib coba resep ini karena selain dapat meningkatkan selera nafsu makan, kami jamin kamu akan tambah nasi terus.

Bahan : 

-250 gram daging sapi  bagian tetelan dan sandung lamur.

-30 Cabai Rawit merah (20 buah dihaluskan, sisanya utuh untuk dicampur sewaktu dimasak)

-9 Bawang merah

-4 Cabai merah besar

-13 Cabai merah keriting

-3 Bawang Putih

-1 sdm Gula merah

-Garam

-2 sdm Air larutan asam jawa

-Serai 2 batang digeprek

-2 lembar Daun salam

-3 lembar Daun jeruk

-Jahe 1 ruas jari digeprek

-Lengkuas 1 ruas  jari digeprek

-Penyedap rasa

-Air 300 ml

-Minyak goreng 100  ml

Cara Membuat : 

Haluskan atau uleg cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah 1 buah, bawang merah dan bawang putih.  Tumis bumbu halus sambil masukkan daun salam, daun jeruk, serai, jahe, dan lengkuas yang sudah digeprek. Masukkan air larutan asam jawa, beri garam secukupnya dan tambahkan gula merah lalu aduk rata. Masukkan daging sapi, cabai utuh, dan air. Masak hingga mendidih dan tuang penyedap.
Masak sampai air berkurang. Sisihkan serai dan daun salam. Sajian oseng mercon siap disajikan.

4.Sogogi Muguk atau Sup Daging Lobak

Sogogi Muguk atau Sup Daging Lobak/Youtube-Orora Chung

Akun Youtube Orora Chung membagikan resep sup daging lobak. Santapan ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba resep olahan daging sapi ala Korea seperti sosogi muguk. Sup ini praktis untuk dimasak dengan mengikuti resep di bawah ini.

Bahan : 

400 g Daging Sapi  bagian sengkelnya

400 g Lobak

1/2 daun Bombai

3 buah Cabe

2 Daun Bawang

Bawang putih cincang

Saus Ikan

Minyak Wijen

Garam

Lada

1.5 liter Air

Cara Membuat : 

Potong-potong bahan seperti lobak, daun bawang, daun bombay dan juga cabe. Rendam daging sapi  ke dalam air selama kurang lebih satu setengah jam agar bersih dari sisa darah. Setelah itu siapkan panci di atas kompor lalu tuang minyak wijen satu sendok dan bawang putih satu sendok lalu tumis bersamaan.

Lanjut masukan potongan daging tadi lalu campur merata dan saus ikan dua sendok. Masukkan lobak yang sudah dipotong tadi aduk bersama tambahkan lada. Masukkan air, daun bombai  dan cabe lalu rebus dan tunggu sampai mendidih.

Setelah mendidih, buang busa-busa sisa rebusan yang ada di panci lalu ambil daun bombay dan cabe tadi. Memang dua bahan ini hanya sebagai perasa untuk kuah. Lanjut masukan daun bawang dan garam ½ sendok teh. Rebus lagi sampai Sogogi Muguk siap disajikan.

5. Rawon

Rawon paling enak di makan pada saat musim hujan karena kuahnya yang menghangatkan. Kuah rawon berwarna hitam berasal dari bumbu rempah bernama “kluwek” yang bisa dibeli di pasar. Namun jangan khawatir jika kehabisan kluwek, kamu bisa menggunakan bumbu rawon instan dengan mengikuti resep dari Cookpad yang ditulis oleh @dewiratna di bawah ini.

Bahan : 

-250 gr daging, potong kecil-kecil.

-1,5 liter air

-1 sachet bumbu rawon instan sesuai selera

-1 genggam toge pendek

Bahan Pelengkap :

-Bawang goreng

-Nasi Putih

-Telur asin

-Sambal

-Jeruk nipis

Cara Membuat : 

Rebus daging dengan air hingga setengah empuk. Masukkan bumbu rawon, masak hingga empuk selama 30 menit. Tata di mangkok nasi, bisa dipisah sesuai selera, toge mentah, lalu siram dengan kuah dan dagingnya, taburi bawang goreng. Rawon dapat disajikan dengan sambal, jeruk nipis, telur asin sebagai pelengkap.

6. Bistik Sapi

Resep masakan daging sapi terakhir adalah bistik atau biasa dikenal dengan nama steik dari akun facebook Resep Kuliner. Olahan daging ini cocok untuk anak-anak karena rasanya tidak pedas, cenderung gurih dan manis.

Bahan :

-500 gram daging

-1/2  bawang bombai

-3 sdm kecap manis

-1 sdm kecap inggris

-kecap asin

-1 sdm saus tiram

-2 sdm saus sambal

-lada secukupnya

-Rempah pala

-4 butir bawang putih

-8 butir bawang merah

-Garam 

Bahan Pelengkap

-Wortel

-Buncis

-Selada

Cara membuat : 

Rebus daging sampai agak empuk, sisihkan air kaldunya lalu potong potong dagingnya. Tumis bawang bombai sampai wangi lalu masukkan bumbu halus. Masukkan irisan daging aduk aduk lalu masukkan kecap manis, kecap asin, kecap Inggris saos tiram dan saus sambal. lalu masukkan air kaldunya. Masak dengan api kecil dan biarkan airnya mengental dan dagingnya sampai empuk. Terakhir, angkat dan sajikan dengan selada, wortel dan buncis yang sudah di rebus.

Mana resep olahan daging sapi yang kira-kira akan kamu buat?

Baca: Kreasi Resep Daging Sapi, Empal Gepuk dan Bumbu Teriyaki

LINTANG OLIVIA | TIKTOK | YOUTUBE | FACEBOOK | COOKPAD

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."