Kreasi Resep Daging Sapi, Empal Gepuk dan Bumbu Teriyaki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi daging sapi. Foto: Unsplash/PK

Ilustrasi daging sapi. Foto: Unsplash/PK

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Daging merupakan salah satu sumber protein yang bisa melengkapi pedoman gizi seimbang. Nah, agar masakan daging lebih bervariasi, Sahabat Cantika bisa mencoba dua kreasi resep berbahan daging dari Dapur Umami berikut ini. 

1. Empal Gepuk 

Empal Gepuk. Wikipedia.org

Di rumah ada stok daging tapi bingung mau dimasak apa? Bikin Gepuk Sapi yuk! Olahan daging sapi yang dimasak dengan cara digepuk dan dibumbui cocok untuk disantap dengan nasi hangat dan sambal bersama keluarga. 

Bahan-bahan:

300 gr Daging sapi bagian gandik
1,5 ltr Santan encer
1 bks Masako® Rasa Sapi
2 sdm Gula merah
1 btg Sereh
1 lbr Daun salam
2 lbr Daun jeruk
2 sdm Air asam jawa
1 sdm Ketumbar bubuk
2 ruas lengkuas
300 ml Minyak

Cara membuat:

1. Geprek lengkuas, iris-iris daging sapi searah serat. Sisihkan.
2. Panaskan santan encer, masukkan daging sapi, daun salam, sereh, lengkuas, air asam jawa, gula merah, ketumbar bubuk dan Masako® Rasa Sapi. Aduk rata, masak hingga air menyusut, angkat dan tiriskan.
3. Pukul-pukul daging sapi menggunakan cobek
4. Panaskan minyak goreng. Goreng gepuk daging sapi hingga kecoklatan.

Kandungan gizi:
Kalori: 2743 Kkal
Protein: 88 gram 
Karbo: 143 gram
Lemak: 79 gram

2. Steak Daging Teriyaki 

Rib Eye Steak di restoran Elysee, Kemang, Jakarta. Daging sapi yang tingkat pembakarannya bisa diminta sesuai dengan selera konsumen. Disajikan bersama saus jamur ala Elysee dan sayur tambahan seperti buncis, jagung, dan wortel. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

Penasaran bagaimana restoran Jepang mengolah hidangan daging sapi? Rahasianya, bisa Mama dapatkan di SAORI® Saus Teriyaki! Saus oriental berbahan dasar kecap ala Jepang ini membuat steak daging sapi buatan Mama menjadi sekelas hidangan restoran!

Bahan-bahan:

200 gr Daging sapi has dalam, 4 potong
1 bks SAORI Saus Teriyaki
3 sdm Minyak goreng
4 porsi Nasi putih

Cara membuat:

1. Pukul-pukul daging
2. Beri SAORI Saus Teriyaki , diamkan 15-30 menit
3. Panaskan minyak goreng, panggang daging hingga matang dikedua sisi, angkat. Sajikan di atas nasi. 

Kandungan gizi: 
Kalori: 665 Kkal 
Protein: 38 gram
Lemak: 58 gram 

Sebagai tips agar daging empuk dan segar, Anda bisa menambahkan jeruk nipis atau buah nanas, sebagai bahan pegempuk daging alami. Selain itu, agar rasa daging yang sudah masak tetap juicy, PT Ajinomoto meluncurkan varian produk terbarunya  “Nikuplus” untuk memenuhi kebutuhan pasar industri hotel, restoran, dan katering (Horeka) di Indonesia dan memberikan solusi terbaik sebagai bahan campuran penstabil daging. 

Nikuplus menjadi salah satu produk yang membantu melezatkan makanan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi yang dimiliki Ajinomoto yang membantu memperluas bisnis Horeka dan menargetkan pada food service bisnis daging olahan yang terus berkembang.

Produk ini merupakan bahan tambahan pangan campuran penstabil daging yang dapat meningkatkan tekstur daging menjadi lebih empuk dan juicy, serta stabil selama 4 jam penyimpanan. 

Produk ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai jenis daging seperti ayam, bebek, sapi, dan kambing. Produk ini juga mudah diaplikasikan sesuai dengan kebiasaan memasak di dapur. 

Product Marketing Manager Horeka Dept - PT Ajinomoto Indonesia Darma Suhandi mengatakan pihaknya melihat banyak masyarakat Indonesia setiap harinya mengkonsumsi berbagai macam protein hewani sebagai menu utama. 

"Selain itu, tingginya permintaan pada industri food service, membuat produk ini menjadi solusi sebagai meat improver karena sangat praktis digunakan dengan harga yang cukup terjangkau,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu, 12 Oktober 2022. 

Produk ini juga dapat dikombinasikan dengan bumbu lain tanpa merubah rasa dan dapat diaplikasikan dengan mudah pada proses marinasi atau ungkep. 

Selain itu menurut Darma, peluncuran produk ini juga menjadi salah satu kegiatan ASV (Ajinomoto Shared Value) grup perusahaan, yang berkontribusi dalam pemanfaatan sumber daya pangan secara efektif di Indonesia. 

Dengan Nikuplus daging lebih empuk dan juicy, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berfokus pada kelezatan dan kesehatan. 

"Melalui ASV, kami berupaya menyelesaikan masalah sosial yang akan mengarah pada penciptaan nilai ekonomi melalui kegiatan bisnisnya, dan akan melanjutkan inisiatif tersebut sejalan dengan pertumbuhan bisnis perusahaan," ujarnya. 

Baca: Kreasi Resep Rendah Garam, Sup Merah Putih dan Sawi Gulung Ayam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."