Cara Merebus Telur yang Benar Menurut Koki

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Telur rebus adalah salah satu menu makanan sehat yang mengandung multivitamin baik untuk tubuh.

Telur rebus adalah salah satu menu makanan sehat yang mengandung multivitamin baik untuk tubuh.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Telur salah satu jenis bahan makanan yang mudah didapatkan dan diolah. Salah satu cara paling klasik untuk memasak bahan kaya protein ini adalah dengan merebusnya dalam panci berisi air panas. Meski proses memasak telur rebus terlihat cukup mudah, sebenarnya ada cara merebus telur yang benar menurut koki. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari momen menyebalkan seperti telur terlalu matang atau pecah.

Berikut tiga cara merebus telur yang benar menurut koki.

1. Rebus Air sebelum Menambahkan Telur

Menurut koki Gavin Kaysen, koki pemenang penghargaan James Beard dua kali, pemilik restoran, dan penulis buku masak At Home, langkah pertama agar telur rebus sempurn adalah harus selalu merebus air sebelum menambahkan telur.

Menurut Kaysen, menambahkan telur setelah air mendidih sering membantu mencegahnya terlalu matang.

Terlebih lagi, menambahkan telur ke dalam air setelah mendidih membantu mencegah rona abu-abu kehijauan yang kurang menggugah selera terbentuk di sekitar kuning telur. Meskipun tidak berbahaya, perubahan warna ini disebabkan oleh reaksi kimia antara belerang (dari putih telur) dan besi (dari kuning telur), yang bereaksi membentuk sulfida besi di permukaan kuning telur.

Untuk menghindari hal itu terjadi, pastikan untuk mengontrol berapa lama telur Anda telah dimasak—dan masukkan telur hanya setelah air mendidih untuk membantu menjaganya pada suhu yang lebih stabil selama proses memasak.

Baca juga: Kandungan Kalori Telur Rebus dan Telur Goreng, Lebih Tinggi Mana?

Perlu diingat, jika Anda merebus telur dengan air dingin, bukan air mendidih, dapat menyebabkan waktu memasak yang tidak konsisten.

2. Pakai Sendok Berlubang

Langkah penting lainnya adalah saat menaruh dan mengambil telur Anda di dalam air mendidih dengan hati-hati agar cangkangnya tidak pecah, kata Kaysen. Untuk mencegah risiko tersebut cedera, Kaysen merekomendasikan memakai sendok berlubang. 

Menurut Kaysen, dibutuhkan kira-kira tujuh hingga sepuluh menit untuk memasak telur rebus dengan sempurna, tergantung seberapa matang Anda menyukai telur Anda.

3. Rendam Telur di Wadah Berisi Air Dingin

Setelah selesai dimasak, masukkan telur ke dalam wadah berisi air es guna mencegahnya terlalu matang. Setelah dingin, Anda bisa mulai mengupasnya. Kaysen juga menyebutkan pentingnya memperhatikan cara mengupas telur.

“Setelah merebus telur, ketuk ringan bagian atas dan bawah pada permukaan yang rata untuk memecahkan cangkangnya. Kemudian gulung di sepanjang permukaan yang rata—di sisi panjang telur—untuk menyelesaikan pemecahan cangkang dan kupas,” tandasnya.

WELL+GOOD

Baca juga: 6 Tips Mengupas Telur Rebus agar Lebih Mudah dan Tak Gampang Robek

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."