Cerita Rinaldy Yunardi Rancang Headpiece Madonna untuk Haloween 2022, Ada Pesan Khusus

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Potret penyanyi Madonna memakai headpiece karya Rinaldy Yunardi saat merayakan Halloween 2022. Foto: Dok. Rinaldy Yunardi

Potret penyanyi Madonna memakai headpiece karya Rinaldy Yunardi saat merayakan Halloween 2022. Foto: Dok. Rinaldy Yunardi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer aksesori, Rinaldy Yunardi kembali dipercaya merancang aksesori kepala atau headpiece ratu pop dunia, Madonna. Kali ini, Koh Yungyung diminta membuat headpiece untuk perayaan Halloween 2022. Ia dihubungi sebulan sebelum perayaan Halloween setiap tanggal 31 Oktober.

"Aku dihubungi bahwa Madonna ingin memakai karya aku lagi, tapi tidak dikabarkan untuk acara apa dan kapan waktunya. Tema busana ataupun konsepnya juga tidak diberitahu sama sekali," ujar Rinaldy kepada Cantika pada Kamis, 3 November 2022.

Meski tidak dapat bocoran acara ataupun tema busana, Rinaldy mendapatkan petunjuk untuk merancang dari pesan Madonna. Diungkapkan bahwa ibu enam anak itu sangat menyukai headpiece lingkaran cahaya yang dibuat Rinaldy untuk ulang tahun ke-63 pada Agustus 2021.

"Titip pesan dari beliau bahwa dia suka banget karya saya pas dia ulang tahun berupa bentuknya sinar-sinar. Itu aja sih pesannya dari beliau," tuturnya.

Bermodal pesan itu, Rinaldy mengembangkan imajinasi dan membayangkan sosok idola yang dicintainya. Rinaldy pun selalu mengingat bahwa Madonna menyukai detail salib.

Baca juga: Rinaldy Yunardi Buat 2 Aksesori Lady Gaga di Video Stupid Love 

"Waktu saya pikirkan lagi, beliau sangat mencintai salib-salib. Seperti halnya Met Gala, aku bikinkan desain salib yang (berukuran) kecil-kecil, tapi banyak, yang bentuknya tiara. Untuk kesempatan ini, saya berikan salib tunggal yang menempel sampai ke kening," ujarnya.

Lama Pembuatan, Material, dan Teknik Headpiece Madonna 

Bicara soal lama pembuatan, Rinaldy diberikan waktu selama dua minggu lebih. Material yang digunakan logam dengan lapisan akhir atau finishing emas kecoklatan antik. Headpiece itu juga dilengkapi detail kristal dan batu zirkon.

"Detail logamnya itu saya banyak menggunakan teknik aksesori Indonesia, khususnya filigree, dan ada sedikit teknik dodokan," imbuhnya. 

Rinaldy mengaku terus melestarikan teknik pembuatan perhiasan yang menjunjung budaya Indonesia.

Jika dibandingkan headpiece yang dipakai Madonna saat ulang tahun pada tahun lalu, headpiece ini lebih berat dan besar ukurannya.

Bicara soal harga, Rinaldy tak pernah mematok untuk mendukung para artis. "Nah, aku ngak pernah menghitungkan harganya untuk support artis," ucapnya.

Di ujung perbincangan, Rinaldy mengungkapkan senang karyanya dipakai lagi oleh Madonna. "Senang banget. Dan beliau sangat menghargai dengan men-tag nama saya di postingan Instagram beliau," tuturnya.

Sebagai informasi, nama Rinaldy Yunardi sebagai perancang aksesori tak diragukan lagi. Tak hanya Madonna, karyanya juga dikenakan oleh penyanyi dan selebriti Hollywood lainnya seperti Lady Gaga, Beyonce, Katy Perry, Rihanna, hingga Khloe Kardashian. Sederet selebriti dalam negeri seperti Syahrini, Melly Goeslaw, Titi DJ, Krisdayanti, hingga BCL kerap mengenakan headpiece dan aksesori lainnya.

Soal mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, Rinaldy merupakan juara umum World of Wearable Arts atau WOW 2019 di Wellington, Selandia Baru pada akhir September 2019. Rinaldy Yunardi memenangkan tiga penghargaan sekaligus, yaitu Avant Garde Award, International Award untuk kategori Asia, dan Supreme Award. 

Baca juga: Desainer Rinaldy Yunardi Ungkap Kebebasan Berkarya Harus Memiliki Aturan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."