Mulan Jameela Jalani Wisuda S1, Sandang Gelar Sarjana Sastra

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Potret wisuda S1 Mulan Jameela bersama keluarga. Mulan Jameela menyandang gelar sarjana satra di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia atau UKRI. Foto: Instagram/@mulanjameela1

Potret wisuda S1 Mulan Jameela bersama keluarga. Mulan Jameela menyandang gelar sarjana satra di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia atau UKRI. Foto: Instagram/@mulanjameela1

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar bahagia datang dari penyanyi sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR, Mulan Jameela. Pada Ahad, 30 Oktober 2022, Mulan jalani wisuda S1 atau sarjana di salah satu hotel mewah di Bandung, Jawa Barat. Dalam foto yang dibagikan di Instagram, Mulan tampak tak sendirian di hari bersejarahnya. Suami, Ahmad Dhani, dan keempat anaknya setia mendampingi.

Mulan merupakan lulusan sastra Inggris di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia atau UKRI. Di keterangan fotonya, Mulan mengatakan bahwa ia sebenarnya sudah lulus dan meraih gelar sarjana pada tahun 2021. Wisudanya baru diselenggarakan tahun ini. 

Selain berbagi suka cita wisuda yang dijalaninya, Wulan sedikit kilas balik perjuangannya menjadi mahasiswi.

"Bertahun2 minta izin suami, akhirnya dapet izin juga di tahun 2018. Sambil pelan2 cari PT (perguruan tinggi) yang sesuai sm jurusan aku, qodarullah bertemu @universitaskebangsaan.ri dan melanjutkan pendidikan S1 aku di sana setelah melewati banyak fase2 kehidupan," ujar perempuan 43 tahun itu.

Ia juga mengungkapkan sebelumnya pernah kuliah, tapi terhenti tanpa menyebutkan alasannya.

"Dan menyelesaikan kuliah yang dulu terhenti lumayan panjang, padahal dulu cuma tinggal nyusun skripsi doang," katanya.

"Ternyata tak ada kata terlambat untuk mengenyam pendidikan tinggi. Selagi ada kemauan dan usaha, inshaAllah kita bisa," sambungnya.

Di ujung tulisannya, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh sistem pendukung alias support system termasuk keluarga dan para dosen

"Makasih support sistemku yang luar biasa, suami, anak2 dan team A96.. kalian terbaik.. terutama tiara dan daffy, kalian bantu bunda banget sayang2ku.. Kebayang dong sekolah di jaman pandemi ini kudu kuliah daring pake aplikasi yg lumayan bikin mumet (secara emak2 kan gaptek bgt ya )," ujar perempuan asal Garut, Jawa Barat, ini.

"Terimakasih Pak @sufmi_dasco dan @universitaskebangsaan.ri dan seluruh dosen yang sudah menerima emak2 yang satu ini, membimbing dan memberi ilmu yg inshaAllah banyak manfaat dan berkahnya," tuturnya.

Mengutip keterangan foto di akun Instagram Universitas Kebangsaan Republik Indonesia atau UKRI, Sufmi Dasco menjabat sebagai rektor. Sementara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjabat sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan Rebulik Indonesia ( YPKRI). Acara wisuda pada akhir pekan kemarin diikuti sebanyak 451 orang dari 10 program studi dan turut dihadiri sejumlah pejabat kota Bandung serta keluarga wisudawan/wisudawati.

Kembali ke Mulan Jameela, mengulik Instagram Stories-nya, ia mengunggah ulang sejumlah unggahan video wisudawan atau wisudawati yang merekam dirinya saat menyanyikan beberapa lagu termasuk lagu Bunda. Dari banyak unggahan tersebut, mereka yang wisuda bareng Mulan menyebut momen tersebut seperti konser.

"Wisudaaa rasaaa konserrrr," tulis akun @dndazka_ di keterangan videonya.

Beberapa di antara mereka terkejut karena baru mengetahui Mulan kuliah di sana atau kakak tingkatnya. "Baru tau mulan jameela kuliah di kampus aku," ungkap akun @cnvi_ .

Selamat untuk Mulan Jameela.

Baca juga: Polemik Kompor Listrik, Mulan Jameela: Para Ibu yang Paling Tahu Soal Kompor

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."