Ketahui People Pleaser, Ciri-ciri, Penyebab, dan Dampaknya bagi Kesehatan Mental

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com

Ilustrasi wanita bahagia. Unsplash.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang yang menyenangkan biasanya adalah seseorang yang dianggap semua orang sebagai penolong dan baik hati. Saat Anda membutuhkan bantuan dengan proyek atau seseorang untuk membantu Anda belajar untuk ujian, mereka akan dengan senang hati membantu.

Jika Anda mengenali diri Anda dalam deskripsi di atas, Anda mungkin orang yang menyenangkan. Tetapi pada titik tertentu, terus-menerus membuat diri Anda tersedia untuk orang lain dapat mengambil korban emosional. Anda mungkin menemukan bahwa Anda mengabaikan kebutuhan Anda sendiri karena Anda takut mengecewakan orang lain ketika mereka meminta bantuan Anda.

Penyebab seseorang menjadi people pleaser biasanya adalah menyenangkan orang karena takut salah, agar disukai, atau mengikuti arus karena takut sendiri. Padahal menyenangkan orang lain sebaiknya didasarkan karena keinginan sendiri yang didorong empati dan keinginan untuk berbagi. Jadi, terdapat perbedaan signifikan antara keduanya.

Menjadi orang seperti ini nyatanya bisa merusak mental dan membuat orang yang melakoninya kehilangan jati diri. Bahkan, bukan tak mungkin seseorang nantinya akan dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk mendapatkan keinginannya sendiri.

Apa Tanda-Tanda People Pleaser

1. Setuju dengan siapa pun 

Banyak dari kita belajar bagaimana mendengarkan orang lain dengan sopan sebagai bagian dari keterampilan sosial kita. Itu bisa berubah menjadi perilaku yang menyenangkan orang jika Anda terus-menerus setuju dengan orang lain karena Anda ingin mendapatkan kekaguman mereka dan bukan karena Anda percaya apa yang Anda katakan.

2. Meminta maaf untuk hal-hal yang bukan kesalahan

Orang yang menyenangkan orang sering membuat diri mereka bertanggung jawab atas respons emosional orang lain. Jika seseorang merasa tidak enak, Anda mungkin menyalahkan diri sendiri atau takut orang itu menganggap Anda masalahnya. Adalah baik untuk mengatakan bahwa Anda menyesal jika Anda telah menyakiti seseorang, tetapi mungkin ada masalah yang lebih dalam jika Anda sering meminta maaf untuk hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan.

3. Tidak mampu berkata tidak

Jika Anda merasa sulit untuk mengatakan tidak kepada orang lain ketika mereka meminta sesuatu kepada Anda, Anda mungkin orang yang menyenangkan. Banyak orang yang senang lebih suka membuat alasan di kemudian hari untuk keluar dari komitmen daripada mengatakan tidak sejak awal. Jika Anda menindaklanjutinya, Anda bisa menyesal tidak memiliki kekuatan untuk membela diri sendiri.

4. Mengubah kepribadian Anda tergantung pada siapa yang ada di sekitar Anda

People pleaser cenderung mengubah perilaku dan sikap mereka agar sesuai dengan orang atau kelompok tersebut. Itu dapat menyebabkan Anda bertindak dengan cara yang tidak sesuai dengan karakter atau berpartisipasi dalam tindakan yang tidak Anda setujui hanya untuk menyesuaikan diri secara sosial. Orang yang menyenangkan cenderung melakukan apa pun yang mungkin untuk menghindari konflik, bahkan jika itu berarti berubah menjadi orang yang sama sekali berbeda.

5. Nilai Anda tergantung pada bagaimana orang lain melihat Anda

Orang yang menyenangkan membutuhkan validasi dari orang lain untuk merasa baik tentang diri mereka sendiri. Mereka bisa bertindak ekstrem untuk mendapatkan kata-kata pujian dari orang lain. Kepercayaan diri seorang people pleaser naik dan turun berdasarkan bagaimana orang lain memandang mereka.

Ilustrasi wanita bahagia. shutterstock.com

Efek Menjadi People Pleaser

Jika Anda berada dalam mode people pleaser yang konstan, Anda dapat melupakan siapa diri Anda. Anda mungkin tidak tahu apa yang benar-benar membuat Anda bahagia. Orang yang menyenangkan mungkin menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencoba menyenangkan orang lain sehingga mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan diri mereka sendiri jika tidak ada yang meminta sesuatu dari mereka. Perilaku menyenangkan orang yang konstan dapat menyebabkan:

Kurangnya perawatan diri

Terus-menerus mengabdikan diri untuk memenuhi kebutuhan orang lain dapat menyebabkan Anda mengabaikan kebutuhan Anda sendiri. Anda mungkin mendapati diri Anda sakit atau lelah secara mental karena tekanan untuk mencoba menyenangkan semua orang.

Kebencian yang terbangun

Anda mungkin mendapati diri Anda memendam amarah karena Anda merasa bahwa orang-orang memanfaatkan Anda. Itu bisa membuat Anda membuat komentar pasif-agresif dan menunjukkan tanda-tanda lain dari frustrasi Anda. Anda mungkin mulai menarik diri dari orang-orang alih-alih memberi tahu mereka apa yang sedang terjadi dan berusaha memperbaiki situasi.

Ketidakmampuan untuk menikmati diri sendiri. Stres dari orang-orang yang terus-menerus menyenangkan dapat membuat sulit untuk menikmati kesenangan sederhana seperti pergi keluar untuk es krim atau menonton acara TV favorit Anda. Berkomitmen pada banyak hal yang berbeda dapat membuat Anda sulit untuk bersantai dan bersantai karena stres yang terus-menerus. Sangat berefek pada kesehatan mental

Bagaimana Membuat Ruang untuk Diri Sendiri?

1. Refleksi diri

Ambil langkah mundur dan lihat di mana Anda menghabiskan sebagian besar waktu dan energi Anda. Catat seberapa sering Anda mengatakan ya ketika seseorang meminta sesuatu kepada Anda. Pikirkan tentang bagaimana perasaan Anda pada saat-saat itu. Mencatat saat-saat Anda tidak dapat memberikan jawaban “Tidak” yang tegas dapat membantu Anda mengenali situasi tersebut di masa depan dan memberikan respons yang berbeda.

2. Cari pola dalam perilaku orang yang menyenangkan Anda

Mungkin ada orang yang menurut Anda lebih terdorong untuk dicoba dan dipuaskan. Tindakan Anda mungkin merupakan cara untuk pulih dari rasa sakit yang mereka sebabkan kepada Anda di masa lalu. Mulailah mengenali batasan Anda dan menempatkan batasan di sekitar bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Cobalah untuk mengeluarkan energi Anda hanya pada hal-hal yang selaras dengan nilai-nilai Anda dan membuat Anda merasa baik.

Baca: 3 Tanda Anda Hobi Menyenangkan Orang Lain alias People Pleaser, Awas Dampaknya

WEBMD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."