Perawatan Wajah Usia 30 Tahun, Mulai Pakai Serum Retinol atau Ceramide

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Memasuki usia 30 tahun semain banyak permasalahan pada kulit wajah bermunculan, seperti kerutan halus hingga kulit menjadi kering, semua hal ini dipengaruhi penuaan genetik. Di tambah dengan tingkat kestressan dan kondisi kulit yang mulai berubah.

Oleh sebab itu, perawatan wajah usia 30 tahun menjadi lebih prioritas.Saat memasuki usia 30-an, kadar hormon mulai menurun, dan lalu mengurangi produksi kolagen dan elastin. Cara perawatan kulit yang sebelumnya telah dilakukan dapat memengaruhi proses penuaan. Mungkin Anda juga tak sadar jika pernah melakukan kecerobohan pada perawatan yang dilakukan. Jika kerutan tidak dapat ditangani kemungkinan besar kondisi kulit akan menjadi berminyak atau pun menjadi kering.

Sebagaimana dijelaskan oleh Lorraine Scrivener, ahli kulit dari Eden Skin Clinic “proses berkembangnya  sel menjadi lebih lambat selama usia tiga puluhan dan kulit tidak dapat kembali seperti dahulu. Sementara itu, Anita Sturnham, seorang dokter spesialis dermatologi dan pendiri klinik Nuriss juga memberikan penjelasan “Sebagian besar dari kita akan menunjukkan tanda-tanda kurang tidur dan kerusakan akibat sinar UV pada saat kita berusia 30 tahun,” jelasnya.

Berikut perawatan wajah usia 30 tahun yang perlu Anda siapkan agar kulit wajah tetap sehat: 

1. Penggunaan retinol

Sudah menjadi rahasia umum retinol dapat menyamarkan garis halus pada wajah, selain itu kandungan ini juga dapat mencerahkan dan menimalisir munculnya pori-pori besar.

 2.  Pentingnya SPF

Tidak pernah ada kata "terlambat" untuk berinvestasi dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Tentu saja, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, hapus riasan setiap malam, kenakan SPF setiap hari, dan tambahkan serum pelembab ke rutinitas pagi dan malam Anda

 3. Serum berbahan ceramide

Ketika berbicara tentang serum populer untuk kulit di usia 30-an, sebagian besar tergantung pada jenis dan masalah kulit Anda. Misalnya, jika kulit Anda sensitif dan kering, Anda mungkin ingin melihat serum yang kaya ceramide. Atau mungkin kulit Anda telah kehilangan sedikit kecerahannya penggunaan vitamin C dan asam ferulic untuk melindungi kulit dan mengembalikan cahayanya dapat dipertimbangkan.

Berikur urutan terbaik skincare untuk kulit usia 30-an

1. Cleanser ringan

Saat tertidur, kulit akan mengalami proses regeneratif yang menghilangkan racun dan kulit mati. Riasan dan sisa SPF yang tidak dibersihkan akan memengaruhi kerja kulit, maka dari itu sebaiknya bersihkan wajah dengan pembersih yang memiliki sifat yang ringan.

 2. Toner

Seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang, toner memiliki kemampuan untuk mengencangkan pori-pori, mengeluarkan racun, dan menyeimbangkan kulit, sebaiknya pilih toner yang dapat menyeimbangkan PH kulit.

3. Serum

Pelembab memang baik untuk menjaga kulit agar terhidrasi dan melindungi namun hanya melindungi lapisan terluar kulit. Jika kulit membutuhkan bahan yang lebih aktif dan dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit untuk hasil yang nyata, Anda memerlukan serum. Berikut ada beberapa serum yang mungkin anda butuhkan

  • Asam L-Ascorbic (Vitamin C): antioksidan yang dapat membantu mencerahkan dan menetralkan kerusakan akibat radikal bebas.
  • Retinol (Vitamin A): Anti penuaan, ini juga turut mengurangi penampilan pori-pori dan pigmentasi yang membesar. Sebaiknya gunakan retinol pada malam hari, bukan di pagi hari.
  • PHA/BHA/AHA: ekstrak asam yang membantu meminimalkan tekstur kulit dan mengembalikan keseimbangan
  • Asam Salicylic: membunuh bakteri dan mengeksfoliasi kulit
  • Asam Ferulic (berisi Vitamin C + E): antioksidan yang membantu membangun kolagen dan bahkan meratakan warna kulit.

4. Pelembab

Penggunaan krim pada urutan skincare sebaiknya aplikasikan cair paling ringan terlebih dahulu. Seperti serum, lalu dilanjut dengan pelembab, baru setelahnya SPF. Dengan cara ini formula yang paling cair menembus terlebih dahulu dan lapisan lain ditempatkan di atasnya untuk memberi nutrisi dan melindungi kulit. Terkadang pelembab selalu dilupakan jika SPF yang digunakan sudah termasuk pelembab.

5. SPF

SPF sangat penting untuk usia berapa pun, jika Anda ingin memperlambat proses penuaan. Anda harus menggunakannya setiap hari. Dan tentu saja, jumlah yang Anda butuhkan tergantung pada jenis kulit dan paparan sinar UV.

Baca: Apa Itu Retinol? Ketahui Fungsi, Manfaat, dan Efek Sampingnya pada Kulit

NADIA RAICHAN FITRIANUR | WOMEN’SHEALTH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."