7 Cara Jadi Karyawan Andalan, Pentingnya Bersikap Proaktif

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi karyawan teladan. Shutterstock

Ilustrasi karyawan teladan. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menciptakan kesan pertama yang positif di dunia kerja bisa membuat Anda diperhitungkan sebagai karyawan andalan. Menunjukkan etos kerja terbaik sedari awal bekerja akan menguntungkan Anda secara profesional. Hal itu juga menandakan Anda siap melakukan yang terbaik untuk kemajuan perusahaan.

Simak sejumlah tips untuk membuat Anda sebagai karyawan teladan, seperti dikutip dari laman Times of India.

 

1. Bekerja tepat waktu

Terdengar klise dan sudah ratusan kali Anda mendengarnya, tetapi hal ini berpengaruh besar dalam citra positif. Misalnya datang tepat waktu menunjukkan Anda mempunyai manajemen waktu yang kuat.

Tiba lebih awal dari waktu bekerja bisa memberi Anda waktu lebih untuk mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas di kantor.

2. Mengenakan pakaian profesional

Apakah Anda percaya atau tidak, Anda juga dinilai berdasarkan penampilan. Ketika Anda tampil dalam pakaian formal membuat Anda terlihat segar dan profesional. Memang saat ini banyak perusahaan tidak lagi mewajibkan karyawan mereka untuk berpakaian resmi, tetapi bukan berarti asal-asalan pula seperti sedang bersantai di rumah.

Tetap ingat Anda sedang di ranah profesional, tunjukkan diri Anda yang siap bekerja dalam hal penampilan pula.

3. Pertahankan sikap positif

Antusiasme dan sikap bersahabat di tempat kerja bisa memacu kemajuan dalam pekerjaan Anda. Awalnya, lingkungan kerja Anda bisa terasa sulit dan penuh tekanan. Bila Anda beradaptasi dan mempertahankan sikap positif bisa berdampak pada jenjang karier Anda ke depan.

Ilustrasi karyawati berbincang dengan atasan. (The Times of India)

4. Bersosialisasi dengan rekan kerja

Apa pun peran Anda, pelajari nama orang, dan buat percakapan singkat atau sapaan hangat saat berjumpa di lift atau lorong kantor. Hal ini berguna untuk memperkenalkan diri kepada rekan kerja di luar divisi Anda dan bisa menciptakan citra positif ke pihak manajemen yang mendengar laporan positif tentang Anda.

5. Bersikap proaktif

Jangan cuma duduk hingga atasan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan. Datangi atasan Anda dan tanyakan apa yang bisa dilakukan. Manfaatkan sepenuhnya peluang atau kepercayaan yang diberikan atasan kepada Anda.

6. Perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh sangat penting dalam membuat kesan pertama. Ini adalah kunci citra diri Anda dan bagaimana orang lain memandang Anda. Ingat pula, bahasa tubuh Anda adalah cara non-verbal untuk mengatakan bahwa "ada beberapa kesamaan di antara kita".

Contohnya senyuman hangat, jabat tangan kanan yang kuat, dan kontak mata saat berbicara bisa sangat membantu sebagai citra diri yang percaya diri dan santai.

7. Lakukan riset

Sebelum Anda bergabung dengan suatu perusahaan, jangan lupa untuk meneliti beragam informasi terkait. Ikuti perkembangan apa yang terjadi dalam berita dengan perusahaan dan pantau unggahan media sosial mereka, seperti Linkedin, Twitter atau Facebook.

Dengan begitu, Anda bisa menyampaikan masukan atau pandangan baru dari hasil riset kecil-kecilan Anda. Bisa jadi itu ide segar yang belum terjamah oleh siapa pun. Pertahankan terus kebiasaan riset ini untuk memperkaya pengetahuan Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."