Konsisten Gunakan Wastra Nusantara, JYK Raih Genius of Gianni Versace Award

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
JYK saat melenggang di perhelatan Indonesia International modest fashion festifal di ISEF, Jakarta/Foto: Doc. JYK

JYK saat melenggang di perhelatan Indonesia International modest fashion festifal di ISEF, Jakarta/Foto: Doc. JYK

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Desainer Jenny Yohana Kansil lewat labelnya JYK meraih penghargaan bergengsi "The Genius of Gianni Versace Award" dalam perhelatan yang berlangsung di Palazzo Visconti, Milan, Italia, pada akhir September lalu. Salah satu yang menarik perhatian ialah lantaran JYK konsisten mengangkat wastra Nusantara

Salah satu koleksinya yang menggunakan Batik Durian Lubuklinggau yang dipersembahkan untuk tribute Gianni Versace mendapat perhatian para juri dan membuat desainer Jenny Yohana Kansil meraih penghargaan bergengsi “The Genius of Gianni Versace Award”. Ini menjadi torehan tersendiri, kali pertama batik tradisional meraih penghargaan internasional. 

"Malam ini, penghargaan The Genius of Gianni Versace Award jatuh pada desainer yang kebetulan malam ini ada di sini, JYK label by Jenny Yohana Kansil," panggil Tariel Bisharian selaku chairman Emerging Talents Milan, penyelenggara event, pada Senin, 26 September 2022.

Sebelumnya, brand lokal JYK memamerkan koleksi Spring Summer 2023 "Egalitarian" hasil kolaborasi dengan Batik Durian Lubuklinggau yang digagas Yetti Oktarina Prana, Ketua Dekranasda Lubuklinggau di Palazzo Visconti, Milan pada Rabu, 21 September 2022. Koleksi ini terdiri dari 10 busana bergaya sporty, dan satu diantaranya turut disertakan dalam pameran tribute untuk Gianni Versace. 

JYK kembali menggebrak panggung mode Milan bersama Batik Durian Lubuklinggau, Rabu, 21 September 2022/Foto: Doc. JYK

Tariel mengungkapkan penghargaan ‘The Genius of Gianni Versace Award” yang diselenggarakan oleh Emerging Talents Milan dan Five Arts Films ini diberikan pada malam pemutaran perdana film dokumenter “The Genius of Gianni Versace Alive” karya Salvatore V. Zannino.

Mengawali debutnya di Milan, film yang mengungkap dan merayakan perjalanan kejeniusan seorang ikon desainer busana asal Italia Gianni Versace tersebut dijadwalkan akan dirilis pada Januari 2023. Seperti dikteahui, Versace telah menjadi perancang busana yang karya-karyanya mencuri perhatian publik dunia. Sejumlah selebriti, dari tokoh rock and roll Elton John, Bon Jovi, Tina Turner, Madonna, hingga Naomi Campbell mengekspresikan diri dan gaya mereka lewat rancangan khas Versace.  

Dalam kesempatan  menjelang pemutaran film ini, sembilan desainer Emerging Talents Milan mengusulkan masing-masing satu busana dari rancangannya untuk ikut dalam kontes “The Genius of Gianni Versace Award”. Kesembilan karya tribute untuk Gianni Versace tersebut dipamerkan pada 24-26 September 2022 di Palazzo Visconti dalam tajuk pameran “Omaggio a Gianni”.  

Busana yang diikutsertakan oleh JYK label mendapat pujian dari para juri yang diantaranya terdiri dari Russ Ev, Salvatore V. Zannino, Valeria Orlando, giulia Brunello, Josip Grabovac, Marcello Costa, dan Giuliana Bortolato. Para juri menentukan pilihannya berdasarkan kreativitas dan ciri khas dari kejeniusan Gianni Versace. Dalam kesempatan ini terdapat dua penghargaan yang diberikan yakni untuk desain busana, dan lainnya untuk aksesori. 

JYK kembali menggebrak panggung mode Milan bersama Batik Durian Lubuklinggau, Rabu, 21 September 2022/Foto: Doc. JYK

Batik Durian Lubuklinggau adalah batik pertama yang mendapat penghargaan internasional Versace award ini. Selain JYK, desainer yang turut serta dalam perhelatan tribute to Versace kali ini diantaranya Loom Weaving, Marlon Brandau, The Queen Space, Helena Kakhramanyan, Salvatore Caputo Shows, Just Black, Monier Atelier dan Artuyt.

Jenny Yohana Kansil yang juga founder sekolah fashion Istituto Di Moda Burgo Indonesia mengungkapkan, "JYK label meneruskan sejarah Istituto di Moda Burgo di mana founder Fernando Burgo memiliki kedekatan dengan Versace."

Versace, kata dia, memberikan  banyak masukan kepada  kurikulum dan metode pengajaran di sekolah yang  dikenal dengan metode Burgo. "Legacy Versace selalu melekat dan mengikuti perjalanan Istituto di Moda Burgo, dan yang menariknya lagi Burgo Indonesia menghidupkan kembali sejarah tersebut dengan mengusung heritage Indonesia," ujarnya. 

Baca: Batik Durian Lubuklinggau dan JYK Melenggang di Milan Fashion Show

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."