Soal Madame Gie, Gisella Anastasia: Jadi Pelajaran dan Cek Produk Lebih Detail

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Gisella Anastasi, penyanyi. Foto: Instagram/@gisel_la

Gisella Anastasi, penyanyi. Foto: Instagram/@gisel_la

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Akhirnya pemilik Madame Gie, Gisella Anastasia angkat bicara perihal bahan berbahaya yang terdapat di beberapa produk kosmetik Madame Gie. "Yang penting semua bisa aman dulu, dan saya juga berterima kasih dan bersyukur ada kejadian ini kami jadi bisa koreksi produk lebih detail," ucap Gisel dalam konferensi pers melalui Instagram Live Madame Gie, Senin 17 Oktober 2022. 

Disinggung perihal kerugian, ibu satu anak ini menyatakan sudah pasti rugi, tetapi ia akan fokus dan kooperatif bertanggung jawab atas kasus tersebut. "Kerugian pasti soal trust issue sama produk kami, kalau omzet pasti ngefek ya soal pembelian, tapi kami enggak mau cuci tangan," ucapnya. 

Gisel dan tim selama ini sudah sangat aware dengan kualitas produk yang sudah masuk BPOM. "Jadi back on track dan tidak membiarkan semakin berlarut, padahal kami sudah berhati-hati, tapi tetap kecolongan. Paling aman cek dulu produknya apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum, bahkan walau udah masuk daftar tetapi harus dicek lagi," lanjut dia. 

Tindakan yang dilakukan Madame Gie ialah menarik semua produk yang terdapat kandungan berbahaya, seperti yang dirilis oleh BPOM.  "Yang ditarik produk tertentu dan sudah dilarang di semua toko di Indonesia melalui peran distributor. Mulai toko kecil, pasar, dan grosir. Sampai sekarang masih proses dan pengumpulan produknya, dan sudah dimusnahkan juga," tegasnya. 

Awal Oktober, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada awal Oktober 2022 lalu telah merilis daftar kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya berupa bahan pewarna K3 dan K10 yang dapat menyebabkan kanker.

Pengujian kualitas kosmetik ini dilakukan dalam rentang waktu 10 bulan lamanya. Terhitung sejak Oktober 2021-Agustus 2022. Hasilnya, terdapat 16 produk kosmetik yang mengandung bahan karsinogenik.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetika Reri Indriani mewakili Kepala BPOM RI menyatakan ada 1 juta pieces dengan nilai keekonomian sebesar Rp 34,4 miliar. Selain itu, BPOM juga menarik 46 kosmetik karena mengandung bahan terlarang dan tercemar oleh mikroba bahkan produk palsu.

Mengutip laman resmi BPOM, berikut 16 kosmetik mengandung bahan berbahaya:

MADAME GIE Sweet Check Blushed 03
MADAM GIE Nail Shell 14
MADAM GIE Nail Shell 10
CASANDRA Lip Balm Care With Aloe Vera (Strawberry)
CASANDRA Lip Balm Magic (Strawberry)
CASANDRA Lip Balm Magic (Orange)
LOVES ME Keep Color Trio Eyeshadow LM3044 04
LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3016 02
LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3022 04
MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.2
MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.3
MISS ROSE Matte 33 Orchid 7301-043B33
MISS ROSE Matte 46 Love Bug 7301-043B46
MISS ROSE Matte 52 Americano 7301-043B52
MISS ROSE Matte 48 Beeper 7301-043B48
MISS ROSE Matte 50 Loved 7301-043B50

Menanggapi respons yang ramai di media sosial, akun resmi brand kosmetik lokal Madame Gie turut memberi keterangan dengan mengeluarkan pernyataan resmi pada Minggu 16 Oktober 2022. 

"Kami segenap Manajemen @madame.gie memohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian ini.Izinkan Madame Gie untuk terus berusaha memberikan yang terbaik kepada customer kesayangan kami di seluruh Indonesia," tulis keterangan foto yang diunggah Madame Gie.

"Sehubungan dengan pemberitaan yang beredar di sosial media mengenai Surat Lampiran BPOM pada tanggal 4 Oktober 2022. Maka dengan ini Manajemen Madame Gie Cosmetics memohon maaf kepada seluruth MG'ers pelanggan setia kami," tulis pernyataan itu. 

Surat tersebut melanjutkan, Perlu diketahui bahwa produk yang mengandung bahan-bahan yang dilarang oleh BPOM hanya terjadi pada nomor Batch tertentu saja dan untuk itu kami telah mengambil langkah-langkah yang diarahkan dan sesuai petunjuk yang diminta oleh BPOM. 

"Untuk itu izinkanlah kami untuk terus berupaya meningkatkan standar produk-produk Madame Gie Cosmetic dengan mengedepankan keselamatan konsumen," isi surat tersebut.

Baca: Respons Madame Gie Perihal Kosmetik Berbahaya, Ada di Nomor Batch Tertentu

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."