15 Manfaat Minyak Jojoba untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak wajah atau face oil. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi minyak wajah atau face oil. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ada banyak manfaat minyak jojoba atau jojoba oil untuk kulit. Itulah sebabnya minyak jojoba menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat, terutama perempuan untuk rutinitas perawatan kulit mereka.

Minyak jojoba diproduksi dari biji semak jojoba, yang berasal dari California selatan, Meksiko barat laut, dan Arizona selatan. Jojoba memiliki berbagai nama seperti kacang kina, kacang kambing, kopi berry, dan kacang rusa. 

Minyak jojoba juga mengandung asam lemak, pada dasarnya asam erusat, dan asam oleat, yang keduanya bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, minyak jojoba memiliki sifat antibakteri dan antibakteri yang menjadikannya minyak ajaib untuk kulit.

Struktur kimia minyak jojoba sangat mirip dengan minyak yang dihasilkan kulit kita. Itulah sebabnya  mudah diserap ke dalam kulit dan menembus lebih dalam ke dalam kulit agar tetap lembap. Selain itu, minyak jojoba menyeimbangkan tingkat pH kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Secara keseluruhan, jojoba oil adalah salah satu minyak terbaik untuk meningkatkan kekenyalan kulit serta meremajakan kulit. Berikut 15 manfaat minyak jojoba untuk kulit yang lembut dan bercahaya.

1. Pelembap yang Sangat Baik

Minyak jojoba mempertahankan kelembapan di kulit, menjaga kulit tetap ternutrisi, dan terhidrasi. Kondisi tersebut juga berkhasiat untuk menghalangi bakteri menumpuk di pori-pori kulit. 

2. Membantu Memerangi Jerawat

Jerawat adalah masalah umum, terutama bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Minyak jojoba adalah bahan umum dalam produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Sifat anti-inflamasi minyak jojoba tidak hanya membantu mengobati jerawat, tetapi juga mencegah terjadinya jerawat.

3. Memiliki Sifat Antioksidan

Minyak jojoba dikemas dengan antioksidan, vitamin, dan nutrisi bergizi kulit lainnya seperti seng, asam lemak, tembaga, dan kromium. Kandungan-kandungan tersebut bisa membuat kulit menjadi kenyal dan menjaganya tetap ternutrisi.

4. Tidak Komedogenik

Zat non-komedogenik tidak menyumbat pori-pori. Jadi, salah satu hal terbaik tentang menambahkan minyak jojoba ke rutinitas perawatan kulit kita adalah kita tidak perlu khawatir pori-pori tersumbat dengan yang satu ini.

5. Membantu Menghapus Riasan

Karena minyak jojoba bersifat non-komedogenik dan lembut di kulit, minyak jojoba juga dapat digunakan sebagai penghapus riasan. Sifatnya yang menenangkan bisa menghilangkan riasan dan kotoran dari kulit tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah. Selain itu, komposisi minyak jojoba sangat mirip dengan sebum alami kulit manusia yang mengisi kembali keseimbangan minyak di kulit.

6. Melembutkan Bibir

Apakah Anda sedang menghadapi masalah bibir kering dan pecah-pecah? Gunakan minyak jojoba! Minyak jojoba mengandung vitamin B, dan E dan mineral lainnya termasuk tembaga serta seng yang membuat bibir lembut. Anda cukup mengoleskan sedikit minyak jojoba ke bibir Anda dan pijat dengan lembut untuk mendapatkan bibir yang lembut tanpa retak.

7. Bantu Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

Tabir surya adalah produk yang harus selalu ada di tas Anda. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit antara lain kulit kusam, penuaan dini, kulit terbakar, dan lain sebagainya. Anda dapat mengoleskan minyak jojoba ke tubuh Anda untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

8. Bantu Bikin Bulu Mata Lebih Tebal

Penipisan bulu mata tidak disukai oleh siapa pun, jadi Anda bisa memijat bulu mata dengan minyak jojoba murni menggunakan ujung jari untuk menebalkan bulu mata. Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk menebalkan alis.

9. Memiliki Sifat Antibakteri

Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba dari minyak jojoba membantu membunuh jamur dan bakteri tertentu yang menyebabkan infeksi E.coli, candida, dan salmonella.

10. Hipoalergenik

Salah satu manfaat utama menggunakan minyak jojoba untuk kulit adalah tidak menyebabkan iritasi. Minyak jojoba secara teknis adalah lilin, dan menciptakan segel yang menenangkan pada permukaan kulit dan tidak mengiritasi kulit.

Namun, yang terbaik adalah selalu melakukan uji tempel pada tangan atau di belakang telinga sebelum menggunakan bahan baru apa pun pada kulit, jadi ujilah terlebih dahulu untuk melihat bagaimana reaksinya dengan kulit Anda.

11. Merawat Kuku

Minyak jojoba bersifat menghidrasi dan membantu melembutkan kutikula kuku dan membuatnya lebih kuat. Selain itu, ia juga memiliki senyawa antimikroba yang mencegah infeksi kuku.

12. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, kulit, otot, rambut, tendon, dan ligamen. Selain itu, kolagen juga menunda tanda-tanda penuaan dan membuat kulit awet muda serta bercahaya. Minyak jojoba memiliki antioksidan yang meningkatkan sintesis kolagen dan menjaga kulit tetap cantik.

13. Mengurangi Munculnya Kerutan dan Garis-garis Halus

Sifat antioksidan minyak jojoba dapat menunda tanda-tanda penuaan dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

14. Dapat Mengobati Kulit Terbakar

Minyak jojoba hadir dalam berbagai produk tabir surya. Sifat antioksidannya yang dikombinasikan dengan vitamin esensial membantu melembapkan kulit dan mempercepat penyembuhan untuk menenangkan gejala kulit terbakar.

15. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak jojoba memiliki khasiat dan nutrisi yang mempercepat penyembuhan luka dan mengobati jerawat serta bekas jerawat dengan sangat baik.

Perlu diingat, meskipun minyak jojoba dapat digunakan untuk semua jenis kulit, selalu disarankan untuk melakukan uji tempel untuk melihat bagaimana reaksinya di kulit. Jangan lupa, ya, Sahabat Cantika!

PINK VILLA

Baca juga: Urutan Pemakaian Face Oil dalam Rutinitas Skincare, Wajib Setelah Tabir Surya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."