Urutan Pemakaian Face Oil dalam Rutinitas Skincare, Wajib Setelah Tabir Surya

Ilustrasi wanita mengenakan face oil. Pixabay.com

kecantikan

Urutan Pemakaian Face Oil dalam Rutinitas Skincare, Wajib Setelah Tabir Surya

Minggu, 28 Maret 2021 12:00 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Face oil atau minyak wajah bermanfaat untuk membantu kulit terhidrasi alias melembapkan. Minyak pada wajah berperan penting untuk menjaga lapisan kulit agar tetap kuat dan tidak kehilangan cairan. Kondisi itu penting sebagai dasar kulit wajah yang sehat dan terhidrasi sehingga kulit wajah tampak berkilau alami.

"Hidrasi sebenarnya adalah fungsi keseimbangan air, jadi minyak membantu menahan air dan mencegah faktor eksternal menghilangkannya," ujar Direktur Laser and Aesthetic Dermatology di Stanford Health Care, Tyler Hollmig, seperti dikutip dari laman Self.

"Minyak pada wajah juga dapat membantu masuknya zat-zat kimia dari luar yang pada akhirnya mengiritasi kulit," tambah Hollmig.

Untuk mendapatkan hasil optimal yang dari pemakaian face oil, Anda harus memilihnya sesuai jenis kulit. Selain itu, perhatikan pula waktu, urutan pemakaian dalam rutinitas kecantikan, dan cara pemakaiannya.

Face oil pada dasarnya dapat digunakan kapan saja, baik pagi dan malam hari. Untuk daerah tropis dengan tingkat kelembapan tinggi seperti Indonesia, penggunaan face oil tetap dapat digunakan dengan aman. Namun pada saat pandemi seperti sekarang ini, Wong tidak menganjurkan penggunaan face oil bila disertai dengan penggunaan masker.

Kombinasi antara face oil dan masker dapat menyebabkan kulit menjadi panas, berkeringat dan tidak jarang timbul peradangan seperti jerawat atau maskne.

"Malam hari memang menjadi waktu yang paling ideal untuk menggunakan face oil karena minyak ini bekerja dengan optimal ketika Anda tidur, mengunci kelembapan kulit," ujar ahli dermatologi, dr Sharon Wong.

Namun bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan face oil di siang hari. "Bila Anda merasa nyaman dan tidak timbul iritasi atau jerawat, ya gunakan saja. Namun bila digunakan pada malam hari dan Anda merasa kurang nyaman, coba ganti face oil Anda dengan yang lebih ringan," jelas Wong.

Selain itu, penggunaan face oil pada siang hari juga harus lebih diperhatikan apabila dibarengi dengan penggunaan tabir surya. Face oil memiliki kemampuan untuk melarutkan tabir surya.

Face oil harus diaplikasikan paling akhir ke kulit wajah, setelah seluruh rangkaian skincare dan tabir surya dikenakan. Seperti dijelaskan oleh Hollmig, face oil tidak akan terserap langsung oleh kulit. Namun face oil memberikan perlindungan dari atas permukaan kulit, sehingga apa pun yang dikenakan setelah face oil tidak akan menyerap ke dalam kulit dan akan menjadi percuma.

Wong kemudian menambahkan, dua hingga tiga tetes face oil untuk sekali pakai seharusnya sudah cukup untuk memberikan manfaat pada kulit wajah.

"Bila Anda menggunakan face oil untuk pertama kalinya, gunakan cukup dua tetes saja setiap kali penggunaan. Dan gunakan satu atau dua kali seminggu sambil memperhatikan apakah ada perubahan pada kulit wajah Anda," jelas Wong.

Lantas bagaimana cara mengaplikasikan face oil yang benar? Ahli dermatologi sekaligus pemilik jenama Skyn Iceland, Sarah Kugelman, mengatakan sebaiknya penggunaan face oil tidak dengan cara diusap begitu saja ke wajah.

Cara terbaik dalam menggunakan face oil adalah dengan menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan, kemudian hangatkan dengan cara menggosokkan kedua telapak tangan dan perlahan-lahan tempel telapak tangan ke permukaan wajah selama beberapa detik.

Baca juga:

5 Tips Supaya Pemakaian Face Oil Maksimal di Kulit Wajah