Ketahui Makna, Pesan, dan Alasan No Bra Day yang Jatuh Hari Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hari Tanpa Bra sedunia atau No Bra Day adalah acara tahunan yang dirayakan pada tanggal 13 Oktober. Hari itu dibuat untuk mempromosikan kesadaran kanker payudara dan mendorong wanita untuk melakukan pemeriksaan mandiri secara teratur. Hari Tanpa Bra Nasional dimulai pada tahun 2013 oleh Marysol Santiago dan Nadia Noor. 

Ide untuk hari itu muncul setelah Santiago kehilangan saudara perempuannya karena kanker payudara. Setelah kematian saudara perempuannya, Santiago menyadari bahwa tidak ada cukup pendidikan atau kesadaran tentang kanker payudara dan pemeriksaan diri. 

Dia memutuskan untuk bekerja sama dengan Noor, penyintas kanker payudara lainnya, untuk menciptakan Hari Tanpa Bra Nasional sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit tersebut. 

Sejak awal, Hari Tanpa Bra Nasional telah berkembang pesat. Pada tahun 2014, lebih dari 250.000 wanita di seluruh dunia membuang bra mereka untuk hari itu. Tahun ini, mari kita membuatnya lebih besar! Inilah cara Anda dapat terlibat: Pemeriksaan payudara sendiri secara teratur sangat penting untuk deteksi dini kanker payudara. 

Faktanya, menurut American Cancer Society, jika diketahui lebih awal, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk kanker payudara adalah 99 persen. Oleh karena itu, Hari Tanpa Bra Nasional menjadi pengingat penting bagi semua wanita untuk proaktif menjaga kesehatan payudaranya.

Kontroversi No Bra Day

Pada bulan Juli 2011, seseorang yang menggunakan nama samaran Anastasia Donuts menyusun Hari Tanpa Bra Nasional untuk meningkatkan kesadaran kanker payudara, dibantu dengan situs web untuk membantu mempromosikan acara tersebut. 

Tiga tahun kemudian, dua hari itu digabungkan dan diundur menjadi 13 Oktober untuk diperingati dalam Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional. Meskipun bertujuan baik bagi perempuan, namun di setiap tahun peringatannya, No Bra Day menjadi kontroversi. 

Para pihak kontra mengatakan bahwa No Bra Day tak ada hubungannya dengan kanker payudara. Selain itu, kampanye yang lahir di Amerika ini dinilai sangat sensual. Pasalnya di beberapa bagian di media sosial, kemunculan tagar #NoBraDay menampilkan banyak konten perempuan bertelanjang dada.

Baca: No Bra Day, Simak Fakta Menarik Mulai Sejarah Hingga Tujuannya

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."