5 Tips Fashion di Musim Hujan, Jangan Lupa Pakai Outer

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi Fashion/Tokopedia

Ilustrasi Fashion/Tokopedia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Cuaca ekstreme akhir-akhir ini dialami masyarakat Indonesia. Hujan terus menerus mengguyur berbagai daerah di Indonesia, termasuk ibu kota Jakarta. Bagaimana caranya kita bisa tetap gaya di musim hujan?

Tokopedia bersama Content Creator, Leona Agustine, membagi lima tips fashion yang stylish dan tetap praktis di tengah musim hujan.

1. Pakai Outer Sesuai Kegiatan

“Selain melindungi tubuh dari udara dingin, outer seperti jas hujan, mantel atau blazer bisa memberikan kesan yang stylish dan elegan,” saran Leona dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada 12 Oktober 2022. Kombinasikan dengan baju turtleneck warna krem dan padukan dengan celana bahan hitam. Tambah aksesoris seperti tas selempang untuk melengkapi tampilan. 

External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menambahkan, “Bandar Lampung, Pekanbaru, Malang, Pontianak dan Bandung menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah transaksi produk outerwear yang signifikan selama periode musim hujan. Kini sudah banyak pegiat usaha lokal di kampanye Tokopedia Women in Style, misalnya, yang memproduksi berbagai jenis outerwear kekinian berbahan polyester berkualitas dan tahan air,” katanya. 

Ilustrasi Fashion/Tokopedia

2. Perhatikan Jenis Bahan

Untuk atasan, sebaiknya memilih bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun atau linen. “Hindari memakai baju berbahan tipis seperti sutra, suede atau sifon,” ungkap Leona.

Apabila ingin memakai jeans atau denim, sebaiknya digunakan sebagai jaket. “Bahan jeans cenderung lebih tebal dan berat, sehingga lebih susah mengering ketika terpapar percikan air. Maka sebaiknya hindari menggunakan jeans sebagai bawahan,” tambahnya.

3. Gunakan Boots Daripada Sneakers

Hindari menggunakan sepatu yang rentan basah dan kotor akibat hujan seperti sneakers. “Pilih boots warna hitam atau cokelat agar cocok dengan segala tampilan, baik kasual maupun semi-formal,” jelas Leona.

“Musim hujan belakangan ini mendorong jumlah transaksi sepatu boots perempuan dan laki-laki di Tokopedia melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya,” ujar Rizky.

4. Pilih Warna Nuansa Earthy

Pakaian warna gelap serta bernuansa earthy seperti cokelat, krem, biru dongker dan hijau tua dapat memberikan kesan natural dan elegan. “Padukan atasan warna krem atau sand beige dengan bawahan cokelat. Alternatifnya, coba eksplor menggunakan warna hijau emerald untuk atasan dengan bawahan biru dongker,” kata Leona menyarankan. 

5. Andalkan Motif dan Aksesoris untuk Tetap Tampil Unik

Jangan ragu untuk memadukan berbagai motif dan aksesoris dengan outfit sebagai statement dari gaya fashion selama musim hujan. “Misalnya, gunakan mantel bermotif seragam seperti houndstooth. Apabila ingin tampil lebih berbeda dari yang lain, pakai motif yang abstrak,” kata Leona. 

Aksesoris seperti bucket hat juga bisa membuat gaya fesyen terlihat semakin chic. “Penjualan produk bucket hat laris manis belakangan ini. Terbukti dari jumlah transaksinya yang naik hampir 2 kali lipat,” tutup Rizky.

Bagaimana gayamu ketika bepergian di musim hujan? Apa aksesoris andalan yang selalu kamu gunakan?

Baca: Musim Hujan, Yuk Waspadai 7 Penyakit yang Rentan Menyerang

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."