Tips Merawat Rambut Berhijab, Mulai dari Pilihan Bahan Jilbab

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita berhijab. Freepik.com

Ilustrasi wanita berhijab. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala bagi peremuan berhijab bukanlah hal yang mudah, mengingat kulit kepala seringkali lembap akibat berkeringat karena tertutup oleh hijab.

Dokter kulit sekaligus content creator Danar memberikan sejumlah cara merawat rambut berhijab dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satu tips pertama adalah memilih jenis kain hijab yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan menyerap keringat seperti katun.

"Yang pertama dilakukan adalah memilih hijab yang bagus bahannya, yang masih bisa bersirkulasi (udara) karena pemilihan bahan hijab juga sangat berpengaruh," ujar Danar dalam peluncuran Serasoft Shampoo, Sabtu, 8 Oktober 2022. 

Untuk mengetahui sirkulasi udara pada bahan hijab bagus atau tidak, Danar menyarankan untuk menggunakan kipas angin setelah hijab terpasang dengan baik. “Kalau masih terasa adem di kulit kepala, berasa ditiup angin lewat hijab, berarti sirkulasinya oke,” tambah Danar.

Lebih lanjut, tips merawat rambut, Danar juga menyarankan agar perempuan berhijab sering mengganti jilbabnya, karena penumpukan minyak dan keringat di kulit kepala dapat menghambat sirkulasi udara akibat tertutupnya pori-pori kain.  Kondisi ini dikatakan Danar berdampak buruk bagi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Kemudian, Danar juga mengingatkan agar perempuan berhijab tidak boleh berhijab saat rambutnya masih basah, apalagi dengan diikat, karena tindakan ini bisa merusak helaian rambut. Penggunaan pengering rambut juga tidak dianjurkan.

“Sebaiknya mengeringkan rambut dengan kipas angin saja. Karena suhu panas dari pengering rambut dapat merusak rambut Anda,” jelas Danar.

Terakhir, Danar juga menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang cocok untuk perempuan berhijab.  “Selain itu, konsumsi vitamin yang mengandung biotin juga baik untuk kesehatan rambut,” pungkasnya.

Baca: Tips Merawat Rambut ala Salon dengan 4 Cara Berikut Ini

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."