Industri Fashion Muslim Mulai Bergeliat Kembali, Bantu Pulihkan Ekonomi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Koleksi fashion show di Indonesia International Modest Fashion Festival 2022/Foto: Doc. IFC

Koleksi fashion show di Indonesia International Modest Fashion Festival 2022/Foto: Doc. IFC

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Fashion muslim merupakan salah satu sektor prioritas dalam ekosistem halal nasional. Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) sebagai platform berskala global dengan tujuan menjadikan Indonesia sebagai centre of excellence dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dunia, turut menggiatkan berbagai kegiatan kolaboratif dalam upaya mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dan kiblat fashion muslim dunia.

Perhelatan ISEF yang telah memasuki tahun kesembilan ini akan menghadirkan sektor fashion dengan kebaruan sebagai wujud dari inovasi, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Tahun ini ISEF sektor fashion akan dihadirkan dengan nama baru yaitu Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST). Sesuai nama baru yang diusung, diharapkan ajang ini memiliki semangat baru untuk membawa karya-karya terbaik industri fashion muslim Indonesia ke skala global. 

Dengan semangat memperkuat kolaborasi dari berbagai pihak, Bank Indonesia telah bersinergi dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) dalam kegiatan modest fashion di ISEF sejak tahun 2019. Dalam pelaksanaan IN2MOTIONFEST mulai tahun ini, Bank Indonesia mengandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI, dan dukungan mitra terkait lainnya. 

“IN2MOTIONFEST merupakan upaya bersama untuk mendorong sektor industri halal Indonesia khususnya di sektor modest fashion yang dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional. Kami berharap IN2MOTIONFEST yang mengedepankan penggunaan wastra nusantara dan kain lokal, akan menjadi pengungkit sektor fashion Indonesia dengan keterlibatan aktif para aktor di setiap lini ekosistem fashion dari hulu ke hilir,” ujar Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Melalui kolaborasi yang semakin masif ini, ditargetkan misi Indonesia menjadi pusat inspirasi dan produksi fashion muslim dunia sehingga industri fashion muslim dapat menjadi mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Koleksi fashion show di Indonesia International Modest Fashion Festival 2022/Foto: Doc. IFC

“Karya-karya fashion muslim terbaik hasil kreativitas dan produktivitas pelaku UMKM di Indonesia dengan inovasi dan kualitas yang tidak kalah dengan desainer luar negeri perlu diberi panggung yang lebih luas lagi. Melalui IN2MOTIONFEST diharapkan para desainer anak bangsa siap bersaing di pasar global dan gaung IN2MOTIONFEST ini bisa terdengar di seluruh pelosok negeri dan didukung bersama oleh seluruh stakeholder industri modest fashion kita,” papar Fixy, Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

IN2MOTIONFEST 2022 mengusung tema “Local Product, Global Look”, mengangkat kearifan lokal busana modest fashion, yang kental dengan wastra dan kain lokal Indonesia. IN2MOTIONFEST 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 Oktober 2022 secara hybrid (daring dan luring) dengan bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, business matching, dan forum diaspora. 

“Sesuai tema yang diangkat, IN2MOTIONFEST mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menggerakkan perekonomian lokal dengan mengacu pada inspirasi tren global. Seperti halnya pemakaian wastra Nusantara yang menjadi keunggulan yang membedakan produk fashion muslim Indonesia dengan negara lainnya untuk berkiprah di pasar global. Kekuatan lokal ini sejalan pula dengan prinsip sustainable fashion dan gaya hidup halal dan thayyib,” jelas Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC).

IN2MOTIONFEST 2022 sebagai etalase produk-produk fashion muslim unggulan Indonesia yang inovatif dan siap untuk merambah pasar global akan menggelar rangkaian fashion show dengan menampilkan 163 desainer fashion dan jenama aksesoris. Untuk memperlihatkan keragaman produk fashion muslim dan aksesoris Indonesia, kategori yang diangkat meliputi ready to wear deluxe & street wear, office wear & cocktail wear (semi formal), dan syar'i evening wear (baju pesta/formal).

Keseluruhan koleksi yang berjumlah 1,256 looks merupakan karya jenama dan desainer yang mewakili berbagai asosiasi fashion, yakni Indonesia Fashion Chamber (IFC), Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesian (APPMI), Ikatan Perancang Busana Muslim (IPMI); anggota IKRA sektor fashion dan aksesoris, binaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Perwakilan dari sekolah-sekolah mode di Indonesia, antara lain Islamic Fashion Institute, ESMOD Jakarta, Telkom University, Institut Kesenian Jakarta, LPTB Susan Budihardjo Jakarta, Sekolah Tinggi Desain Inter Studi, BINUS Nothumbria School of Design, BUNKA School of Fashion, Universitas Kristen Maranatha, ISWI Fashion Academy, SMKN 3 Malang, SMK NU Banat Kudus; serta berbagai komunitas yaitu Hijabers Mom Community, Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia, Bunda Wakaf, Persaudaraan Muslimah (SALIMAH), Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami), Pemberdayaan Perempuan UMKM Indonesia (PPUMI), dan Dewan Kerajinan Nasional. 

Desainer dan jenama yang akan menampilkan karya terbarunya dalam IN2MOTIONFEST 2022 antara lain  Ayu Dyah Andari, ASK by Asky Febrianti, Amy Atmanto, AM by Anggiasari, Barli Asmara, ButtonScarves, Benang Jarum, Dian Pelangi, Deardein X Atas Bawah, DAUKY, Fenny Saptalia, GADIZA by Rosie Rahmadi, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Itang Yunasz, Jenahara, Jenna & Kaia, Khanaan, kami, Kurzien Karzai, L by Laudya Chintya Bella, Lisa Fitria, Malik Moestaram, Nada Puspita, Nina Nugroho, NURZAHRA, Najua Yanti, NY by Novita Yunus & TIRAZ, Rya Baraba, Restu Anggraini, SHAFIRA, Sofie, TutyAdib, Wignyo, ZM by Zaskia Mecca, dan dari negara lain, yaitu Syahrir Nurdin dari Malaysia, Yod Koko dari Thailand, dan A3 dari Perancis X Emmy Thee.

Modest Young Designer Competition (MYDC) akan kembali diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST 2022. Kompetisi ini bertujuan menjaring talenta desainer muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk menggiatkan kebelanjutan sektor fashion muslim nasional.

Baca: Menuju JMFW 2023, Perkuat Indonesia jadi Penghubung Fashion Muslim Dunia

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."