Gaya Gista Putri Berbalut Koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mulai dari Gista Putri hingga Renata Kusmanto mengenakan koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023/Foto: Instagram/Sapto Djojokartiko

Mulai dari Gista Putri hingga Renata Kusmanto mengenakan koleksi Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023/Foto: Instagram/Sapto Djojokartiko

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pergelaran ini adalah barometer kembalinya peragaan tunggal Sapto Djojokartiko ke industri mode Indonesia, selepas dua tahun berturut-turut absen dan mengalihkan peragaan lewat presentasi film pendek dalam jaringan.

Paskapandemi ini keadaan ekonomi yang diharapkan segera pulih kembali terusik dengan ancaman perang, krisis energi dan pangan, pemanasan global hingga ketakutan akan sebuah pandemi baru. Hal ini membuat banyak keraguan yang memicu ketidakpastian.

Sapto Djojokartiko mencoba menuangkan kontemplasi ini ke dalam koleksi  Sapto Djojokartiko 
Spring Summer 2023 pada Rabu, 29 September 2022 di  di Gedung Filateli, Jakarta. Koleksi yang merupakan refleksi dari kemampuan beradaptasi, pergerakan dan optimisme manusia. Koleksi musim Semi/Panas ini menampilkan busana pria dan wanita. Deret busana aktif dengan variasi siluet yang dapat dikenakan lintas gender. Rangkaian busana relaks hingga pas badan yang kembali digemari seiring kembali aktifnya kegiatan manusia dalam putaran roda dunia.

Sejumlah selebritis dan fashion influencer tampak menghadiri show tunggal tersebut, mulai dari Gista Putri, Vidi Aldiano, Renata Kusmanto, Naysila Mirdad, dan Rachel Venya. Tampak hadir Gista Putri yang kerap mengenakan koleksi  Sapto Djojokartiko. Istri Wishnutama ini tampak anggun dan klasik dalam balutan dress dengan aksen cape di bagian depan, terdapat sentuhan layer dari bordir yang menjadi DNA Sapto Djojokartiko.

Dalam koleksi ini Sapto Djojokartiko memadukan busana rumahan yang nyaman seperti singlet
dan celana-celana boxer dengan berbagai padanan luaran yang longgar dengan imbuhan bordir
kompleks dan ragam motif istimewa. Aplikasi motif yang digunakan dalam koleksi ini memberdayakan kembali motif-motif bordir Sapto Djojokartiko seperti motif klasik Penara, Darpana yang merupakan ulir pada bingkai cermin, kemudian Ukelan Ron dari imaji rangkai daun, Ukelan Sekar yang berupa wujud rekah bunga dan Seligi yang menyalin bentuk tombak.

Opsi inner wear disajikan lebih bervariatif seperti tank suit, sports bra, legging dan bicycle pants
menginjeksi gaya pakaian Athleisure yang tetap harmonis dalam tatanan gaya busana berlapis. Koleksi ini menjadi momentum desainer asal Solo ini dalam melintasi batas generasi, di saat dinamika dunia yang sedang penuh ambiguitas, dimana kini semua bebas dalam mengekspresikan diri.

"Dalam koleksi Spring/Summer 2023 ini saya ingin memberi kebebasan berpakaian dari beragam karakter untuk mengekspresikan individualisme mereka sendiri. Walaupun kondisi sekarang yang penuh ketidakpastian saya ingin membawa hembusan optimisme, karena kita sebagai manusia tercipta dengan intuisi untuk selalu beradaptasi dengan keadaan dan selalu bertahan” pungkas Sapto.

Baca: Gaya Klasik Paula Verhoeven di Peluncuran Sapto Djojokartiko Spring/Summer 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."