Digelar Bulan Depan, Jakarta Fashion Week 2023 Angkat Tema Fashion Reformation

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
CottonInk x Nagita Slavina mengangkat Festive Resort sebagai koleksi teranyar mereka/Foto: Doc. JFW

CottonInk x Nagita Slavina mengangkat Festive Resort sebagai koleksi teranyar mereka/Foto: Doc. JFW

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pekan mode Jakarta Fashion Week 2023 ingin menjadi ajang pengakuan para pencinta mode terhadap industri fashion di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh  CEO GCM Group yang merupakan Chairwoman JFW, Svida Alisjahbana.

JFW 2023 diharapkan tak hanya menjadi ajang memajukan industri fashion tanah air, tapi juga merupakan sebuah pengakuan terhadap industri fashion Indonesia, baik dari sesama pelaku fashion dan sektor ekonomi kreatif, industri terkait, para fashion enthusiast, dan masyarakat.

“Tema dari JFW 2023 adalah Fashion Reformation, yang menyiratkan semangat regenerasi di industri mode tanah air, sekaligus menjadi bentuk perayaan kreativitas dan kebangkitan para insan mode setelah melalui masa pandemi," kata Svida dalam konferensi pers daring, Senin, 26 September 2022. 

Dukungan bagi pelaksanaan JFW 2023 juga diberikan oleh para partner internasional, salah satunya adalah Korea Content Creative Agency (KOCCA) yang merupakan lembaga ekonomi kreatif Korea Selatan.

Sejumlah model memperagakan kreasi busana dari desainer Indonesia, Anandia Marina Putri dan Novita Yunus dalam Amazing Tokyo Fashion Week di Tokyo, Jepang, 20 Maret 2018. Brand IKYK yang digawangi oleh Anandia Putri dan NY by Novita Yunus tampil mewakili Indonesia dalam ajang tersebut. AP Photo/Shizuo Kambayashi

Sebagai bentuk kerja sama dengan JFW 2023, KOCCA akan memperkenalkan dua fashion brand asal Korea Selatan, yaitu Doucan dan Saint Ego. Doucan adalah jenama busana perempuan premium dari desainer Choi Chunghoon, sementara Saint Ego merupakan jenama pakaian pria dari desainer Kim Young Hoo.

Sebaliknya, KOCCA juga akan memperkenalkan fashion Indonesia ke publik Korea Selatan lewat karya-karya dari Monique Natalia Soeriaatmadja dari Soe Jakarta dan Anandia Putri Harahap dari IKYK di Fashion Code 2023 pada tanggal 6-8 Oktober.

"Saya senang setelah pandemi bisa berangkat karena sempat ditunda mengingat perbatasan Korea dibuka dan ditutup selama pandemi," kata Anandia dari IKYK.

Sementara itu, Monique berharap tahun ini akan bertemu dengan banyak buyer di Negeri Ginseng. Dia akan membawa belasan tampilan untuk koleksi Spring Summer 2021 dengan sentuhan tenun yang didesain khusus dari Pekalongan dan Yogyakarta.

JFW 2023 akan berlangsung selama sepekan pada 24-30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, dengan 4-5 peragaan fashion yang imersif setiap hari.

Tak hanya itu, JFW juga menghadirkan pop-up retail space berupa Fashionlink di Atrium Level 2 PIM 3, Dewi Luxe Market di Atrium Ground Floor PIM 3, serta dapat diakses secara daring melalui laman Fashionlink dalam e-commerce Lazada.

Baca: JFW 2023 Digelar 24-30 Oktober 2023, Lokasinya di Rooftop Pondok Indah Mall 3

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."