SPF Menyumbat Pori-pori, Jangan Lupa Cuci Muka Usai Pakai Sunscreen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

Ilustrasi Sunblock/krim tabir surya. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Meski memiliki fungsi sebagai pelindung atau protecting, pemakaian tabir surya atau sunscreen juga tetap perlu dibersihkan saat membasuh wajah. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (PERDOSKI) Dokter Yulianto Listiawan, berpesan agar masyarakat tak malas membasuh wajah usai diberi tabir surya.

Dia dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa, ia mengatakan penggunaan tabir surya yang terlalu lama atau tak dibersihkan lalu terus menumpuk di wajah dapat menimbulkan masalah kerontokan rambut. "Ini mulai kita deteksi. Kadang cucinya malas. Langsung templok bedak," ujar dia.

Menurut dia, sudah ada beberapa kasus mengenai ini. Dia mengimbau orang-orang memperhatikan ada tidaknya kerontokan rambut di bagian wajah termasuk alis.

"Yang pasti diagnosisnya susah dan tidak disadari. Perhatikan kalau mulai rontok permukaannya, terus alisnya juga. Itu sudah muncul dua kasus. Tidak disadari," kata dia.

Dokter kulit yang berbasis di Manhattan Lisa Airan mengatakan, ada risiko munculnya jerawat pada wajah mereka yang tidur masih mengenakan SPF pada suncsreen. “SPF sangat menyumbat pori-pori,” kata dia yang merekomendasikan pembersih berbusa seperti disiarkan Vogue.

Airan kemudian merekomendasikan orang-orang menindaklanjuti dengan penyegar kulit utama lainnya seperti retinol topikal. Pakar kesehatan kulit dari Scottsdale, Arizona, Jennifer Haley mengatakan membasu wajag mungkin tampak sederhana, tetapi kegiatan ini membutuhkan waktu dan perhatian. Melakukannya dengan cara yang benar dapat membuat perbedaan antara kulit berseri-seri dan berjerawat.

“Banyak yang percaya Anda hanya perlu mencuci muka untuk menghapus riasan atau ketika terlihat kotor. Sebenarnya, Anda disarankan untuk cuci muka dua kali sehari,” kata dia seperti disiarkan Healthline.

Tidak peduli jenis kulit, tekstur, atau kondisi saat ini, Haley menekankan bahwa rutinitas pembersihan malam hari sangat penting. “Menghapus riasan, kotoran akan membantu mempersiapkan kulit untuk perawatan kulit Anda, serta mendukung kulit dalam proses regenerasi dan pembaruan semalaman,” katanya.

Baca: Mengulik Bahan Skincare Lokal yang Populer, dari Facial Wash Hingga Sunscreen

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."