5 Penyebab Utama Alergi Kulit serta Cara Mengatasinya

Ilustrasi anak alergi. communitytable.parade.com

kesehatan

5 Penyebab Utama Alergi Kulit serta Cara Mengatasinya

Sabtu, 17 September 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Alergi kulit kadang sulit diatasi. Kondisi seperti gatal-gatal hingga ruam merah bisa menyebabkan situasi yang tidak nyaman, bahkan menganggu rutinitas. Menurut Dr. Alekya Singapore, Dermatologist & Cosmetologist, alergi kulit dapat terjadi di bagian tubuh mana pun, baik itu wajah atau tangan atau kaki.

Untuk menghindari hal itu, penting untuk memperhatikan pemicunya. Berikut adalah 5 penyebab utama alergi kulit serta cara mengatasinya.

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur pada kulit dapat menyebabkan alergi. Mereka dapat muncul dalam bentuk seperti bintik-bintik merah dan coklat atau cincin di berbagai bagian tubuh. Meskipun infeksi jamur bisa sangat tidak nyaman, mereka dapat diobati.

Jamur penyebab alergi tersebut pada kulit dapat ditemukan di permukaan rumah yang kotor, di tanah, atau juga pada tanaman. Kurap dan kaki atlet (tinea pedis) adalah beberapa alergi kulit yang disebabkan oleh jamur. Sangat penting untuk menjaga rutinitas kebersihan untuk menghindari infeksi semacam itu.

2. Bahan pakaian

Lateks merupakan bahan pakaian berbahaya yang dapat memicu alergi kulit. Jika Anda memiliki kulit sensitif dan bersentuhan dengan lateks, Anda mungkin mengalami alergi kulit.

Dalam kebanyakan kasus, ketika tubuh Anda merasa sulit untuk mentoleransi zat lateks, itu pertanda bisa memicu alergi. Sarung tangan lateks dan barang-barang lainnya bisa berbahaya untuk alergi lateks. Yang terbaik adalah menghindari bahan lateks untuk mencegah alergi kulit.

3. Makanan

Makanan juga dapat menyebabkan alergi kulit. Banyak orang mengalami reaksi alergi terhadap  susu, ikan, kacang tanah, telur, kedelai, gandum, hingga kacang pohon. Kulit gatal, merah, bengkak adalah beberapa gejala alergi kulit yang disebabkan oleh makanan. Jika Anda mulai merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi makanan tertentu, coba batasi atau hindari sama sekali.

4. Nikel

Nikel adalah zat yang umum ditemukan di banyak benda yang kita gunakan sehari-hari. Produk seperti perhiasan, ponsel, ikat pinggang, koin, kunci, gelang jam, peralatan logam mengandung nikel yang dapat menyebabkan alergi kulit. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan produk ini. Jika Anda mengalami reaksi alergi dari salah satu benda ini, ganti dengan benda lain atau konsultasikan dengan dokter kulit.

5. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab alergi kulit. Obat penghilang rasa sakit, antibiotik, atau obat antiinflamasi seperti ibuprofen dapat membuat orang alergi dan mengembangkan ruam atau iritasi kulit.

Beberapa dari obat-obatan ini juga dapat menyebabkan fotosensitivitas, di mana kulit terbakar sinar matahari. Yang terbaik adalah menenangkan area tersebut dengan kompres es, air dingin atau menggunakan losion kalamin ringan. Dalam kasus keparahan, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit.

Jika Anda cukup sering menghadapi alergi kulit, kenali alasan reaksi alergi Anda dan lakukan tindakan pencegahan sesegera mungkin.

PINK VILLA

Baca juga: Ada 2 Jenis Alergi yang Kerap Dialami Masyarakat Indonesia, Apa Saja?

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika