Hampir 40 Tahun jadi Penyanyi, Krisdayanti Rutin Lakukan Ini untuk Jaga Kualitas Suara

Krisdayanti. Foto: Instagram/@krisdayantilemos

karir

Hampir 40 Tahun jadi Penyanyi, Krisdayanti Rutin Lakukan Ini untuk Jaga Kualitas Suara

Selasa, 13 September 2022 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama hampir empat dekade atau 40 tahun berkarya di dunia tarik suara, Krisdayanti mengaku tak pernah melewatkan sesi vocalizing atau melatih pita suara setiap harinya. Menurut KD, sapaan akrabnya, latihan tersebut demi menjaga kualitas suara tetap optimal. Biasanya ia melakukan latihan tersebut saat merias wajah ataupun beraktivitas di kamar mandi.

"Saya setiap hari, 45 menit pasti saya vocalizing. Yang namanya suara, kalau tidak dilatih, yaudah hilang (kualitasnya menurun)," ujar KD saat berbincang dengan pengusaha sekaligus konglomerat Grace Tahir dalam vlog yang diunggah di kanal Youtube @gt.bodyshot, Selasa, 13 September 2022.

"Makanya karena saya sekarang masih berkarya dan terus menyemangati diri saya dengan ilmu dan blessing (anugerah suara) ini. Ya, kalau mau tetap bagus, ya latihan," sambung ibu empat anak itu.

Dengan rutin latihan, KD lanjut menjelaskan, pita suara jadi lebih lembap karena dalam kondisi hangat dan semakin mudah bernyanyi, termasuk melantunkan nada-nada tinggi. "Mesti warming up. Kalau dingin, ibaratnya kayak kita kecekek (saat bernyanyi)," ucap perempuan 47 tahun itu.

Krisdayanti juga bagikan sekilas awal kariernya sebagai penyanyi. Ia mulai merintis karier sejak muda, tepatnya usia sembilan tahun. Ia kerap mengikuti sejumlah perlombaan dan festival menyanyi demi mencari nafkah, belum terpikir menjadi penyanyi profesional. Di masa itu, saat pindah dari Batu, Malang, ke Jakarta, KD bersama ibundanya, Rachma Widadiningsih, dan kakaknya, Yuni Shara, masih berjuang untuk hidup di ibu kota.

"Lebih banyak berprestasi untuk cari uang dari kecil. Memang spirit fighting dari mama turun ke kita. Ikut festival, ikut lomba, itu semata-mata buat uang (mencari nafkah)," tuturnya. 

"Justru karena keterampilan saya itu di umur 16 tahun, trus saya mulai ikut Asia Bagus (1992) di TVRI. Jadi, kalo mo dibilang pertama kali kompetisi internasional adalah Asia Bagus. Jadi, aku menginjak profesional artis di usia 16 tahun," jelasnya.

Saat ditanya siapa idolanya saat itu, Krisdayanti menyebutkan Whitney Houston, Celine Dion, dan Mariah Carey. Menurutnya karya para penyanyi legendaris itu bertahan lama, bahkan hingga saat ini. "Bisa dibilang album-albumnya banyak menginspirasi kita di masa SMP, SMA dulu," tuturnya.

Baca juga: Ditemani Raul saat Bernyanyi, Krisdayanti: Suami Saya Super Noto

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika