Mengenang Sosok Ratu Elizabeth II di Hollywood, dari The Simpsons Hingga The Crown

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dinihari, 9 September 2022. Ratu yang memerintah selama  70 tahun, 7 bulan dan 2 hari, meninggal dalam usia 96 tahun.  Eddie Mulholland/Pool via REUTERS/File Photo

Kerajaan Inggris mengumumkan kabar duka meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dinihari, 9 September 2022. Ratu yang memerintah selama 70 tahun, 7 bulan dan 2 hari, meninggal dalam usia 96 tahun. Eddie Mulholland/Pool via REUTERS/File Photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama tujuh dekade menjadi penguasa Inggris, Ratu Elizabeth II telah menarik para penulis dan aktor Hollywood dan telah digambarkan dalam drama, animasi, bahkan acara sketsa komedi AS "Saturday Night Live".

Ratu, yang meninggal pada usia 96 tahun, Kamis, 8 September 2022 adalah tokoh sentral di serial The Crown peraih penghargaan Emmy yang tayang di platform Netflix.

Claire Foy memenangi dua piala Emmy dan Golden Globe setelah memerankan Elizabeth versi muda yang tiba-tiba menjadi ratu pada usia 27 tahun. Olivia Colman kemudian menggantikannya di musim berikutnya, sebagai ratu di usia yang lebih matang, dan Imelda Staunton akan memerankan Elizabeth di musim kelima yang akan tayang pada November

Ketika Foy memenangi Golden Globe pada 2017, dia berterima kasih kepada sejumlah "perempuan luar biasa", termasuk Ratu Elizabeth."Dia telah menjadi pusat dunia selama 63 tahun terakhir, dan saya kira dunia butuh lebih banyak perempuan lagi," kata Foy.

Rekan aktris Inggris, Helen Mirren, juga membawa pulang piala Oscar atas perannya sebagai Elizabeth di film "The Queen" (2006) yang fokus terhadap respons penguasa itu atas kematian Putri Diana yang tiba-tiba.

Ratu Elizabeth menjadi subjek yang menarik karena dia berperan dalam peristiwa besar dunia dan karena kisah hidupnya punya "elemen yang sangat manusiawi", kata editor majalah People Wendy Naugle, seperti disiarkan Reuters, Jumat, 9 September 2022. 

"Kita bisa melihat kelemahan itu di keluarga kita sendiri," kata Naugle. "Kami bisa memahami bagaimana rasanya ketika ada masalah, dan ketika ditambah dengan lapisan kemewahan dan kerajaan, itu jadi cerita yang menarik."

Tidak semua kehadiran ratu di layar kaca atau layar lebar muncul dalam drama serius. Kartun komedi The Simpsons telah memunculkan Ratu Elizabeth dalam beberapa episode dalam 33 musim.

Vanessa Redgrave mengisi suara Ratu Elizabeth di salah satu film "Cars" dari studio Pixar ketika sang ratu muncul mengenakan mahkota di dalam mobil mewah, memimpin balapan di London.

Komedian Fred Armisen juga tampil dengan kocak, memerankan ratu di sejumlah sketsa komedi di "Saturday Night Live", termasuk sketsa ketika ratu mengatakan kepada Elton John betulan untuk tidak membawakan lagunya yang "jelek" di pernikahan kerajaan.

Naugle memperkirakan akan ada lebih banyak penggambaran Ratu Elizabeth di layar kaca dan layar lebar.

"Ada banyak hal yang bisa diangkat," kata dia. "Ada banyak hal di dunia itu yang tak bisa diketahui orang-orang. Jadi saya kira ketika orang merasa mereka bisa melewati dinding istana, kita terpesona dan penasaran."

Baca: Mengulik Warisan Fashion Ratu Elizabeth II yang Klasik dan Ikonik

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."