Oxygen Facial: Prosedur, Manfaat, Efek Samping, hingga Kisaran Biaya

Oxigen facial. Foto : Shutterstock

kecantikan

Oxygen Facial: Prosedur, Manfaat, Efek Samping, hingga Kisaran Biaya

Kamis, 8 September 2022 10:30 WIB
Reporter : magang_merdeka Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Oxygen facial adalah prosedur non-medis agar kulit wajah tampil bercahaya dalam waktu singkat. Digadang-gadang perawatan tersebut bisa membuat kulit bercahaya kurang dari satu jam, dan hasilnya bertahan selama seminggu. Jika Anda tertarik menjalani perawatan tersebut, ada baiknya simak terdahulu manfaat, prosedur, efek samping, hingga kisaran biayanya.

Apa Itu Oxygen Facial?

Oxygen facial adalah salah satu perawatan wajah paling inovatif yang menggabungkan perangkat seperti tongkat yang berfungsi untuk memberikan oksigen bertekanan tinggi dan sangat terkonsentrasi langsung ke kulit.

Seperti kita ketahui bersama, kulit membutuhkan oksigen untuk berkembang, sementara kita memiliki pasokan oksigen yang konstan, tambahan oksigen yang cukup bisa membuat kulit tampak bercahaya. Oxygen facial 100 persen non-invasif karena tidak menggunakan suntikan atau bahan kimia berbahaya. Meski biasanya dilakukan di spa, oxygen facial juga bisa dinikmati di rumah dengan alat yang tepat.

Prosedur Perawatan Oxygen Facial

Biasanya dimulai dengan pembersihan lembut dan pengelupasan kulit wajah. Setelah itu, diikuti dengan memberikan aliran oksigen bertekanan tinggi yang berlimpah langsung ke kulit dengan mesin seperti tongkat. Bersamaan dengan oksigen, kulit diberikan asam hialuronat untuk memperkuat efek pengencangan kulit.

Durasi prosedur bervariasi. Biasanya oxygen facial dapat memakan waktu sekitar 30-60 menit. Perawatan non-invasif ini tidak memerlukan waktu pemulihan.Bahkan, Anda bisa langsung merias wajah setelah melakukan facial oksigen jika diperlukan.

Manfaat Oxygen Facial

1. Oxygen facial adalah metode perawatan yang sempurna untuk mendapatkan kulit wajah sehat sekaligus bercahaya. Perawatan ini memungkinkan pori-pori secara efektif menyerap sejumlah besar oksigen dan asam hialuronat bersamaan yang membuat kulit segar dan bercahaya.

2. Dengan dosis oksigen yang berlimpah bersama dengan mineral lainnya, oxygen facial bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik. Tongkat oksigen dapat membantu memulihkan kadar air alami kulit Anda. Faktanya, ini adalah cara sempurna untuk mengubah kulit kering menjadi kulit yang sangat lembap, sehat, dan terhidrasi.

3. Oxygen facial juga memberi vitamin esensial dan bahan alami lainnya untuk kulit, sehingga mampu meratakan warna kulit. .

4. Seiring dengan dosis oksigen dan mineral yang besar dan kuat, oxygen facial bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah alami di kulit wajah. Hal tersebut bisa mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus atau bahkan kerutan.

5. Salah satu manfaat oksigen di wajah adalah meningkatkan penyembuhan luka dan menawarkan perlindungan dari bakteri penyebab jerawat tertentu. Dengan dosis oksigen yang sehat, oxygen facial berpotensi menenangkan kulit yang rentan jerawat sekaligus mencegah jerawat. 

6. Oxygen facial secara efektif membalikkan efek berbahaya dari polutan pada kulit dengan menawarkan detoksifikasi instan. Dengan pemberian oksigen bersamaan dengan beberapa nutrisi lainnya dapat meningkatkan proses detoksifikasi kulit sekaligus mengurangi efek berbahaya dari stresor lingkungan.

7. Dengan bertambahnya usia dan faktor eksternal lainnya, kadar kolagen mulai menurun yang dapat menyebabkan kulit kendor dan keriput. Oxygen facial menawarkan dorongan langsung untuk produksi kolagen alami yang meningkatkan elastisitas dan penguatan kulit.

8. Oxygen facial sangat cocok untuk membuka pori-pori dan mengecilkan pori-pori yang membesar. Berarti facial ini tidak hanya menawarkan pengalaman pembersihan mendalam, tetapi juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori yang membesar untuk kulit yang mulus, terdetoksifikasi, dan bebas noda.

9. Oxygen facial meningkatkan pergantian sel lebih cepat. Ini tidak hanya mempromosikan kulit yang lebih cerah dan diremajakan, tetapi juga membantu meminimalkan bekas jerawat, bintik matahari, dan noda bintik lainnya. 

10. Perawatan wajah dengan oksigen bertekanan tinggi dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik sehingga membuat kulit tampak kenyal dan halus secara alami.

11. Prosedur ini tidak hanya menawarkan banyak manfaat, tetapi juga memberikan hasil yang cepat. Maka dari itu, oxygen facial disukai para selebriti Hollywood. Justin Timberlake, Jessica Biel, Kim Kardashian, dan bahkan Madonna mengandalkan oxygen facial sebelum tampil besar.

12. Selain bekerja cepat, oxygen facial juga memberikan hasil yang tahan lama. Satu sesi wajah yang kaya oksigen itu bisa memberikan kulit yang tampak sehat selama lebih dari seminggu.

Frekuensi Oxygen Facial yang Disarankan Ahli

Para ahli merekomendasikan untuk mendapatkan oxygen facial setidaknya sebulan sekali. Namun, setiap orang memiliki jenis kulit dan persyaratan perawatan kulit yang berbeda, berarti mereka mungkin merespons secara berbeda terhadap perawatan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kecantikan atau dokter kulit Anda sebelum perawatan.

Efek Samping Oxygen Facial

1. Kemerahan

Dalam beberapa kasus, biasanya, ketika berhadapan dengan kulit sensitif, oxygen facial  dapat menyebabkan kulit kemerahan sementara. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena akan sembuh sendiri dalam hitungan jam.

2. Bengkak

Bagi sebagian orang, oksigen dosis tinggi selama oxygen facial dapat menyebabkan peradangan,  bahkan pembengkakan.

3. Reaksi alergi

Oxygen facial juga menggabungkan aplikasi serum tertentu. Untuk menghindari reaksi alergi, Anda harus memberi tahu ahli kecantikan Anda jika Anda alergi terhadap satu atau lebih bahan perawatan kulit. Karena ini adalah proses tanpa rasa sakit, jika terjadi gatal, iritasi, atau rasa sakit, segera hentikan perawatan.

Biaya Perawatan Oxygen Facial

Biaya oxygen facial sangat bervariasi tergantung klinik atau ahli kecantikan pilihan Anda. Biasanya biaya perawatan bervariasi antara USD75 - USD500 atau setara dengan Rp1.120.000 hingga Rp 7.462.0000. Selain itu, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat dengan staf yang sangat terlatih dan profesional.

Baca juga: 4 Jenis Facial Ini Aman bagi Ibu Hamil

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI | PINK VILLA