Tantangan Iqbaal Ramadhan di Film Mencuri Raden Saleh, Riset dan Belajar Seni Lukis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Para pemain film Mencuri Raden Saleh dalam jumpa pers di Bandung, Sabtu, 27 September 2022/Foto: Cantika/Ecka Pramita

Para pemain film Mencuri Raden Saleh dalam jumpa pers di Bandung, Sabtu, 27 September 2022/Foto: Cantika/Ecka Pramita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketertarikan masyarakat tanah air terkait film Mencuri Raden Saleh yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Ari Irham, Umay Shahab serta Aghniny Haque ini terbukti dari penjualan tiket penayangan spesial dan gala premier Mencuri Raden Saleh yang kontan diserbu penonton sampai habis. Penjualan ATS yang terus meroket juga membuat pihak bioskop berinisiatif menambah jumlah layar hampir di seluruh kota.

Film Mencuri Raden Saleh sendiri mengisahkan tentang sekelompok anak muda yang sepakat mencuri lukisan maestro pelukis dengan nama mendunia ini. Mereka saling berbagi tugas. Piko sebagai The Forger diperankan oleh Iqbaal Ramadhan sebagai Piko (The Forger, Angga Yunanda sebagai Ucup (The Hacker),  Rachel Amanda sebagai Fella (The Negotiator), Aghniny Haque sebagai Sarah (The Brute),  Umay Shahab sebagai Gofar (The Handyman), dan Tuktuk berperan sebagai The Driver, yang diperankan oleh Ari Irham. 

Piko, mahasiswa seni rupa yang mencari uang dengan memalsukan lukisan untuk
membebaskan sang ayah dari penjara tiba-tiba mendapat tawaran menukar karya maestro Raden Saleh yang dijaga ketat di Istana Negara. Mengikuti rencana, Piko membentuk tim yang berisi Ucup (hacker), Sarah (atlet bela diri), Gofar (mekanik), Tuktuk (pembalap liar) dan Fella (bandar judi kampur). Masing-masing mengincar uang yang ditawarkan sebagai imbalan dari
pencurian tersebut.

Pelaksanaan rencana mereka dihadapkan dengan begitu banyak rintangan yang berpeluang merenggut hal-hal berharga yang dimiliki; hubungan percintaan, persahabatan, hingga keluarga mereka. Di tengah upaya melancarkan misi pencurian penuh risiko tersebut, mereka tidak tahu bahwa ada ancaman besar di balik pencurian lukisan tersebut.

Poster film Mencuri Raden Saleh Foto: Instagram Mencuri Raden Saleh.

Iqbaal Ramadhan mengatakan jika Mencuri Raden Saleh adalah film anak muda dengan genre drama action tentang pencurian terencana yang masih jarang di Indonesia. Pemeran Minke di film Bumi Manusia ini juga belajar dan riset soal seni lukis demi menguatkan karakter Piko yang memang punya bakat dan keahlian melukis.

"Saya juga melakukan observasi kehidupan pelukis dan memahami karya mereka. Rasanya masih ada label atau streotype pada para seniman yang rebel, ternyata maestro seni juga ada yang punya karakter sebaliknya. Jadi saya belajar banyak juga lewat karakter Piko," ucap Iqbaal saat ditemui di jumpa pers, Bandung, Minggu 27 Agustus 2022. 

Selain mereka, ada Tyo Pakusadewo sebagai Permadi, Andrea Dian sebagai Detektif Sita, Ganindra Bimo sebagai Detektif Arman, Atiqah Hasiholan sebagai Dini, dan Dwi Sasono sebagai Budiman. Soal pilihan komplotan pencuri jatuh pada kepada Iqbaal Ramadhan, Ari Irham, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Umay Shahab, dan Angga Yunanda karena nama-nama itu yang diharapkan di industri film ini. 

Film Mencuri Raden Saleh mengaku kepada cerita sejarah tentang Raden Saleh Sjarief Boestaman, yang hidup sekitar 1811-1880. Dia seorang pribumi Jawa pertama yang mendapatkan privilese untuk belajar melukis di Eropa atas beasiswa pemerintah Belanda. Sejumlah penulis dan peneliti menyebutnya sebagai manusia modern Jawa pertama yang memiliki pola pikir ala Barat.

Baca: Jelang Penayangannya, Penjualan Tiket Film Mencuri Raden Saleh Sudah Dibuka

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."