Inspirasi Batik Pekalongan dalam Kain Viscose dari Catalia Batik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Catalia Batik dari Pekalongan turut memeriahkan Fashionality dengan membawa tema Tropical Mild/Foto: Doc. APPMI

Catalia Batik dari Pekalongan turut memeriahkan Fashionality dengan membawa tema Tropical Mild/Foto: Doc. APPMI

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Catalia Batik, merupakan brand batik asal Pekalongan yang sudah bernapaskan sentuhan modern. Dari look yang ditampilkan pada kain viscose menjadi keunggukan Catalia yang dipadukan dengan warna-warna alam sehingga menampilkan kesan eksklusif. 

Mengusung modest fashion, kali ini Catalia menghadirkan koleksi bertajuk Tropical Mild di panggung Fashionality 2022 yang digelar, Kamis 25 Agustus 2022. Creative Director Catalia Batik, Ardiansyah mengatakan pihaknya ingin menampilkan busana modern tanpa meninggalkan motif batik warisan budaya yang menjadi salah satu prinsip Catalia. 

Pemilhan kain viscose bukan tanpa alasan, melainkan karena kondisi iklim tropis di Indonesia, Kombinasi kain viscose tentu saja menambah kesan sejuk dan nyaman. 

“Kami mendesain dengan simpel dan elegan, sehingga tidak seolah memberatkan bagi pemakainya. Material yang digunakan kami sesuaikan iklim yang ada di Indonesia. Jenis kain viscose yang kami gunakan karena ringan dan lembut,” kata Ardiansyah sebelum show berlangsung. 

Perlu diketahui, jika viscose adalah jenis kain rayon semi-sintetis yang terbuat dari pulp kayu yang digunakan sebagai pengganti sutra, karena memiliki drape dan kesan halus yang mirip dengan bahan mewah. Istilah viscose mengacu secara khusus pada larutan pulp kayu yang diubah menjadi kain.

Ardiansyah meyakini jika budaya batik bersifat dinamis dan universal, sehingga ia optimis busana batik termasuk batik Pekalongan bisa merambah ke dunia fashion yang lebih luas dan seimbang. "Catalia sendiri berawal dari keresahan saya pada usaha orang tua yang butuh dilanjutkan," imbuhnya. 

Baca: Modest Fashion Duai Fav Terinspirasi Camilan Khas Ciamis di Panggung Fashionality 2022

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."