Mengidap Autoimun RA, Enzy Storia Rayakan Ulang Tahun ke-30 dengan Cara Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Enzy Storia/Foto: Instagram/Enzy Storia

Enzy Storia/Foto: Instagram/Enzy Storia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Diketahui mengidap autoimun RA, Enzy Storia punya cara yang inspiratif untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Enzy mengunggah ceritanya di laman Instagramnya, Selasa, 9 Agustus 2022. "Aku sering dapat email, DM, dan comment di Instagram yang berisi curhatan teman-tean tentang masalah kesehatan," tulisnya. 

Enzy merasa, berdasar pengalamannya itulah ia merasakan betul betapa susahnya kondisi yang ia alami. Tidak hanya masalah saktinya, tetapi juga faktor keuangan. "Pokoknya yang masih sehat, jaga sehatmu ya, karena kalau sudah sakit baru deh terasa banget enggak enaknya," imbau Enzy. 

Oleh sebab itu, bertepatan di momen ulang tahunnya yang ke-30, Enzy merayakan dengan cara yang inspiratif. Enzy menyediakan waktu untuk bertemu dan makan siang dan berbagi ke beberapa orang yang perlu bantuan fasilitas kesehatan. Setidaknya, lanjut Enzy, mimpi masa kecilnya bisa tercapau dengan cara yang berbeda. "Selagi bisa kita sama-sama saling membantu, ya. Doakan ya teman-teman, terima kasih," pungkasnya. 

Sebagai informasi, merujuk dari Halo Doc, Rheumatoid arthritis merupakan penyakit autoimun. Normalnya, sistem kekebalan tubuh membantu melindungi kamu dari berbagai infeksi dan penyakit. Pada pengidap rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh akan menyerang jaringan sehat pada persendian. 

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari rheumatoid arthritis. Namun adanya riwayat keluarga atau faktor genetik bisa memicu seseorang mengalami penyakit ini di kemudian hari.

Gejala penyakit rheumatoid arthritis akan berbeda, tetapi gejala yang paling sering muncul yaitu rasa kaku, kemerahan, bengkak, terasa hangat dan timbul rasa nyeri. Gejala tersebut harus segera ditangani, karena jika tidak, akan bertambah parah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Gejala tersebut bisa disertai dengan beberapa gejala lainnya, sepert misalnya, kelelahan, berkeringat berlebihan, penurunan nafsu makan, mata kering, dan nyeri dada.

Baca: Intip Gaya Fashion Casual dan Feminin ala Enzy Storia, Cocok untuk Liburan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."