Lika-liku Perjuangan Olivia Newton-John, Selain Melawan Kanker Payudara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Olivia Newton-John. Foto: Instagram/@therealonj

Olivia Newton-John. Foto: Instagram/@therealonj

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Penyanyi dan aktris Hollywood, Olivia Newton-John meninggal pada Senin pagi, 8 Agustus 2022 di rumah peternakannya di California Selatan, Amerika Serikat. Suami Olivia, John Easterling menuturkan, istrinya meninggal dalam usia 73 tahun dengan dikelilingi keluarga dan sahabat-sahabatnya. 

Newton-John diketahui mengidap kanker payudara sejak 30 tahun silam. Dia dikenal sebagai pribadi yang berpikir positif menghadapi rintangan dan tantangan. Dia memanfaatkan sebagian besar waktu yang tersisa, mengumpulkan dana dan kesadaran untuk yayasan kankernya, bahkan merekam album Natal dengan lawan mainnya di Grease dan teman lamanya,  John Travolta. 

Berikut beberapa perjuangan dan momen memilukan Olivia Newton-John sepanjang hidupnya dan bagaimana dia mengatasinya.

1. Olivia Newton-John didiagnosis kanker payudara pada tahun 1992

Tahun pertama Newton-John didiagnosis kanker payudara, dia juga kehilangan putri baptisnya yang berusia 5 tahun karena kanker di masa kanak-kanak yang disebut tumor Wilms, dan ayahnya, Brinley, karena kanker hati.

"Itu semua terjadi sekaligus. Semuanya datang begitu saja kepada saya," katanya kepada People pada tahun 2000. "Anda tidak bisa tidak merasa putus asa di beberapa titik. Ini luar biasa (dukanya)."

Tapi dia memutuskan untuk membingkai ulang pengalamannya untuk mencoba tetap optimis, sehingga dia melihat dirinya sebagai cancer thriver daripada cancer survivor.

"Orang yang selamat terdengar seperti seseorang yang berpegangan pada sekoci untuk saya," katanya di acara Today. "Seorang yang berkembang adalah seseorang yang sudah turun dari kapal dan di darat."

Begitu dia dalam remisi, Newton-John menjadi advokat untuk penelitian kanker dan akhirnya mengumpulkan cukup dana untuk membantu membangun Olivia Newton-John Cancer and Wellness Centre di Melbourne, Australia.

"Ketika saya menderita kanker payudara, saya menulis album berjudul Gaia," katanya tentang menemukan kekuatan dalam musik.

"Setiap orang pada tahap kehidupan tertentu mengalami kehilangan. Kami juga terhubung sebagai manusia. Kami merasakan kehilangan orang lain. Kami berharap ini akan membantu orang terhubung, berbagi, dan merasakan."

Ketika dia menderita kanker payudara di tahun 90-an, bintang itu melakukan pijatan, meditasi, dan yoga"untuk membantu menjaga semangat positifnya. "Sekarang, pusat kesehatannya menawarkan kepada pasien semua "hal yang telah saya lakukan", ujarnya kepada People.

2. Olivia Newton-John kehilangan saudara perempuan tercintanya, Rona pada tahun 2013, karena kanker otak

Rona Newton-John meninggal karena kanker otak pada 24 Mei 2013 dikelilingi oleh keempat anaknya, Fiona, Brett, Tottie, dan Emerson. Newton-John mengatakan kepada People bahwa kehilangan itu "menggelegar," meskipun "belajar siap" untuk kematian Rona.

"Tidak ada yang pernah siap ketika orang itu benar-benar mati," katanya. "Kakakmu adalah seseorang yang bisa kamu ceritakan tentang keluarga yang tidak dipahami orang lain. Aku tidak benar-benar memilikinya sekarang, jadi sangat sulit untuk membiasakan diri. Aku akan mengangkat telepon untuk memberitahunya tentang aku, saudara, kerabat atau seseorang yang kita kenal selamanya, jadi sangat aneh untuk melepaskannya."

Newton-John memulai dana tumor otak atas nama Rona setelah kematiannya dan tetap fokus  melalui pusat kesehatan dan penelitiannya di Australia.

Olivia Newton John. AP/Andrew Medichini

3. Olivia Newton-John menemukan cinta lagi setelah mantan pacarnya, Patrick McDermott secara misterius hilang

Pada tahun 2005, pacar sembilan tahun Newton-John, Patrick McDermott, secara misterius hilang selama perjalanan berperahu. "Saya telah melalui kanker dan perceraian. Tidak ada yang sebanding dengan ini," katanya kepada People pada tahun 2006.

Bertahun-tahun setelah dia hilang, laporan menuduh McDermott telah memalsukan kematiannya dan ditemukan tinggal di Meksiko, dan desas-desus itu lebih lanjut menyebabkan kesedihan Newton-John

"Kesedihan tidak memiliki jangka waktu," katanya tentang kehilangan, yang menginspirasi albumnya Grace and Gratitude. "Saya pikir orang perlu tahu itu karena mereka merasa, 'Astaga, saya harus menyelesaikan ini sekarang.' Tapi sejujurnya Anda tidak pernah benar-benar mengatasinya."

Setelah berduka atas hilangnya McDermott secara misterius, Newton-John menemukan kebahagiaan selamanya dengan suaminya yang juga pengusaha, John Easterling.

"Aku berkencan sedikit, tapi aku tidak berharap untuk jatuh cinta padanya, dan kemudian bam!" dia mengenang hari-hari awal mereka berkencan.

"Saya sangat beruntung saya memiliki suami yang luar biasa, sangat penyayang, dan fantastis. Saya selalu memberi tahu teman-teman saya bahwa Anda tidak pernah terlalu tua untuk menemukan cinta. Saya menemukan cinta dalam hidup saya pada usia 59 dan 60 tahun! Saya bersyukur."

4. Olivia Newton-John dampingi putrinya, Chloe Lattanzi yang berjuang mengatasi gangguan makan dan citra tubuh

Pada tahun 2013, putri Newton-John - yang berjuang dengan gangguan makan sejak usia 15 tahun dan akhirnya mulai mengobati sendiri dengan kokain dan alkohol - membuka diri tentang kesulitan tumbuh dalam sorotan.

"Ketenaran benar-benar mengacaukan Anda. Saya tidak menyalahkan ibu saya atas masalah saya, tetapi saya tidak akan pernah ingin menjadi terkenal atau membesarkan anak saya sendiri di sekitar kultus selebriti," katanya kepada The Mail.

"Saya tidak ingin mengatakan apa pun untuk menyakiti ibu saya. Saya pikir itu sangat sulit baginya. Dia tidak pernah menghadapi hal seperti itu sebelumnya dan dia tidak tahu bagaimana menghadapinya."

Beberapa tahun kemudian, Lattanzi muncul di The Doctors untuk membahas masalah citra tubuh sebelumnya. "Ketika saya berada di puncak dysmorphia tubuh saya, saya memiliki banyak filler," katanya tentang operasi plastik. "Saya melihat kembali diri saya sebagai seorang remaja dan saya seperti, 'Wanita muda yang cantik. Apa yang saya pikirkan? Mengapa saya begitu tidak aman?'"

Tahun berikutnya, Newton-John memberi tahu People bahwa ia dan putrinya memiliki hubungan yang hebat, dan dia sangat bangga dengan perjuangan putrinya.

"Dia melakukan banyak hal yang dia suka," katanya. "Dia sudah dewasa, jadi aku bahkan tidak suka membicarakan semua hal lama karena dia sedang menjalaninya. Dia kuat."

Ketika didiagnosis kanker muncul kembali di tahun 2017, Lattanzi setia memberi pesan semangat. Lattanzi membagikan lebih banyak kata-kata semangat ibunya di Instagram, "Ibuku baik-baik saja dan satu hal yang dia katakan kepadaku adalah terus menjadi kreatif positif dan mengalihkan pikiranku dari hal-hal negatif." Keduanya merekam lagu bersama pada tahun 2021.

PEOPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."