Tips Makeup bagi Pemilik Kulit Gelap, Berani Warna Cerah dan Hindari Nude

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita kulit gelap sedang merias wajah dengan produk makeup berwarna cerah. Foto: Pixabay.com/Starkvisuals

Ilustrasi wanita kulit gelap sedang merias wajah dengan produk makeup berwarna cerah. Foto: Pixabay.com/Starkvisuals

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pemilik kulit gelap dan kerap menghindari mengaplikasikan produk-produk makeup berwarna cerah? Jika iya, boleh dipikirkan lagi. Mengapa? Sebab makeup warna-warna cerah akan lebih memancarkan pesona kulit gelap Anda dibandingkan makeup warna nude yang bisa membuat Anda tampak pucat, menurut konten kreator makeup, Janes Cs.

Berkaca dari pengalamannya merias wajah seorang perempuan dengan kulit yang sangat gelap, aplikasi makeup berwarna ungu dan merah lebih menonjolkan pesona. 

"Ternyata kulit gelap itu cobalah menggunakan warna-warna (makeup) yang berani. Justru jangan mainin nude, justru kayak lebih (pucat). Misalnya, bibirnya gelap pakai (lipstik) merah atau ungu. Warna ungu tuh bagus di kulit gelap. Dan aku coba di bibir dia jadi dusty pink," ujarnya saat ditemui dalam acara Sariayu di Jakarta Pusat, Selasa, 14 Desember 2021.

"Ungu ketemu dark skin jadi dusty pink," sambungnya. Selain ungu, ia juga menyarankan warna oranye gelap  juga cocok untuk pemilik kulit gelap.

Tak jauh berbeda dari Janes Cs, penata rias selebriti Hollywood, AJ Crimson juga menyarankan pemilik kulit gelap mengaplikasikan makeup berwarna hangat hingga lebih tua.

"Selalu pilih sisi spektrum warna makeup yang lebih hangat dan lebih tua. Memakai dua warna juga bisa. Saya suka mengambil warna lipstik yang lebih gelap sebagai alas, lalu mengisi seluruh bibir dengan lipstik berwarna lebih cerah di atasnya," ungkapnya dikutip dari laman Byrdie.

Saat merias wajah kulit berwarna dan gelap, ia kerap memilih lipstik warna merah jambu hangat dilapisi dengan warna pink. Menurutnya, perpaduan itu bisa menciptakan efek ombré dengan daya tarik alami.

Ia juga mengingatkan berhati-hatilah saat memilih alas bedak atau foundation. Bukan berarti, pemilik kulit gelap bisa memakai satu produk yang sama, jelasnya. Lantas, bagaimana mengetahui alas bedak mana yang cocok bagi pemilik kulit gelap? Mulailah mencobanya dari bagian tengah wajah.

"Cara yang saya suka untuk mencocokkan alas bedak dengan si pemilik wajah adalah saya mulai dengan bagian tengah wajah seperti titik paling terang," tuturnya.

"Saat Anda mencocokkan alas bedak di bagian tengah wajah, aplikasikan dari dalam ke luar," ujarnya. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan lapisan dasar tanpa cela, kemudian Anda akan melihat titik kontur Anda, yakni di sekitar garis rambut, parameter, garis rahang, dan tulang pipi. Di area itulah Anda akan menggunakan makeup berwarna lebih hangat.

Semoga bisa menginspirasi tampilan makeup bagi pemilik kulit gelap.

Baca juga: 5 Artis yang Bangga Miliki Kulit Gelap, Ini Tipsnya agar Tetap Glowing

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."