8 Jenis Rasa Percaya yang Perlu Dimiliki Pasangan Agar Hubungan Langgeng

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

Ilustrasi pasangan kencan. Freepik.com/Nensuria

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membangun rasa percaya salah satu hal penting dalam membangun sebuah pondasi hubungan. Tanpa adanya rasa saling percaya, maka sebuah hubungan akan dipenuhi dengan kecurigaan dan kecemburuan yang pada akhirnya akan membuat goyah jalannya hubungan. Tapi, tahukah Anda bahwa ada banyak ragam jenis rasa percaya yang harus Anda miliki dalam sebuah hubungan? 

Berikut jenis rasa percaya yang perlu dimiliki pasangan agar hubungan langgeng seperti dilansir dari Bolde: 

1. Rasa percaya akan saling setia 

Jika Anda dan pasangan berada dalam hubungan monogami, Anda dapat belajar untuk memercayainya dengan memperhatikan tindakannya daripada hanya mendengarkan kata-katanya. Perilakunya harus menjadi bukti bahwa dia hanya tertarik pada Anda. Setelah kepercayaan terbentuk, Anda tidak akan memantau setiap gerakan pasangan Anda. Anda dapat saling memberi ruang untuk mengejar minat lain dan mempertahankan individualitas Anda. 

2. Rasa Percaya aman secara fisik 

Tidak seorang pun boleh merasa terintimidasi atau terancam secara fisik bahwa yang satu akan merugikan yang lain. Jika Anda khawatir bahwa temperamen pasangan Anda dapat membuat mereka melakukan kekerasan fisik terhadap Anda kapan saja, ini adalah masalah serius. 

3. Rasa percaya bisa saling memenuhi kebutuhan emosional 

Anda harus dapat memenuhi kebutuhan emosional satu sama lain. Ketika seseorang dengan berani mengekspresikan diri, mereka harus percaya bahwa yang lain tidak akan menghakimi dan membuat mereka merasa dihargai. Jika Anda merasa aman secara psikologis di sekitar satu sama lain, tidak ada yang akan takut untuk menunjukkan sisi lemah mereka atau disalahpahami. Keamanan emosional menciptakan tempat yang aman dalam hubungan Anda dan memperkuat ikatan di antara Anda. 

4. Rasa percaya soal finansial 

Mempercayai satu sama lain dalam masalah keuangan adalah sesuatu yang mungkin membutuhkan waktu untuk dibangun dan bisa sangat sulit dilakukan. Keuangan dapat menyebabkan banyak masalah jika semuanya serba salah. Menggabungkan keuangan harus menjadi sesuatu yang harus dipikirkan matang-matang. Ketika Anda berdua dapat menggabungkan keuangan, atau membicarakannya secara terbuka tanpa takut bahwa yang lain akan mengambil keuntungan dari situasi tersebut, kepercayaan Anda naik ke tingkat yang lebih dalam.  

5. Rasa percaya berada dalam visi yang sama 

Tidaklah cukup untuk berbicara tentang bagaimana perasaan Anda satu sama lain dan apa yang Anda berdua inginkan dalam hubungan. Anda juga harus percaya bahwa perasaan ini benar adanya. Ketika Anda mulai ragu bahwa mungkin Anda tidak berada di visi yang sama dalam hal perasaan satu sama lain dan apa yang Anda inginkan, itu dapat merusak segalanya.  

6. Rasa percaya Anda sama-sama berharap yang terbaik 

Jika Anda tidak dapat percaya bahwa pasangan Anda tidak akan dengan sengaja menyakiti Anda dan bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik Anda, mengapa Anda menjalin hubungan? Tidak ada bedanya jenis hubungan apa yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. Jika Anda benar-benar percaya bahwa dia bertindak bertentangan dengan kepentingan terbaik Anda, mungkin inilah saatnya untuk putus. 

7. Rasa percaya saling menghargai 

Tidak ada yang namanya hubungan tanpa batas. Dalam kebanyakan kasus, batas-batas ini didefinisikan dengan jelas dan tidak hanya perlu tetapi juga sangat sehat. Salah satu jenis kepercayaan terpenting dalam suatu hubungan berkisar pada kemampuan untuk merasa yakin bahwa pasangan Anda tidak akan melewati atau melanggar batasan Anda. 


8. Rasa percaya sama-sama berkomitmen

Harus ada tingkat kepastian bahwa Anda akan tetap bersatu dalam suka dan duka saat menjalin hubungan. Anda perlu tahu bahwa Anda dapat mengandalkan satu sama lain di masa-masa sulit dan tidak satu pun dari Anda akan menyerah hanya karena hal-hal tidak mudah saat ini. Anda tidak perlu panik setiap kali ada gundukan di jalan bahwa semuanya akan berantakan.

Baca: 5 Trik Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Termasuk Self-Care

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."