5 Manfaat Tidur Malam, Menjaga Berat Badan hingga Cegah Penuaan Dini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi wanita tidur. Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kurang tidur malam dapat membuat Anda mudah tersinggung keesokan harinya. Seiring waktu, tidak cukup tidur dapat memengaruhi lebih dari sekadar perasaan Anda di pagi hari. Untuk kesehatan Anda, mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting.

Faktanya, tidur malam sama pentingnya dengan pola makan sehat dan olahraga. Berikut 5 manfaat tidur malam untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh kita. Intinya, baik imunitas bawaan maupun adaptif dipengaruhi oleh tidur. Sel-sel kekebalan dan protein Anda akan lebih mampu menangkis penyakit seperti flu dan pilek ketika tubuh Anda mendapatkan istirahat yang dibutuhkan untuk berfungsi.

2. Menjaga Berat Badan

Kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur menurunkan metabolisme tubuh. Proses metabolisme adalah bagaimana tubuh mengubah kalori menjadi energi. Menurut penelitian, kurang tidur menyebabkan metabolisme tubuh berfungsi kurang efisien sehingga menyebabkan energi ekstra yang tidak terpakai disimpan sebagai lemak. Selain itu, mendapatkan kualitas tidur malam yang cukup membuat Anda lebih mudah berolahraga keesokan harinya.

3. Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Menurut penelitian, orang yang kurang tidur mengalami tingkat emosi negatif yang lebih tinggi (seperti kemarahan, iritasi, ketidaksabaran, dan melankolis) dan tingkat emosi menyenangkan yang lebih rendah. Peningkatan tidur meningkatkan memori, pemahaman, dan pembelajaran. Karena kelelahan, orang yang kurang tidur malam juga cenderung kurang berolahraga, makan sehat, atau menikmati aktivitas santai.

4. Cegah Penuaan Dini

Tubuh sering memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Kulit Anda memulihkan kolagennya dan memperbaiki kerusakan akibat sinar ultraviolet saat Anda tidur, yang membantu mencegah keriput dan penuaan dini. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan tidur malam yang cukup dan nyenyak.

5. Jaga Kesehatan Jantung

Kurang tidur dapat mempengaruhi metabolisme dalam beberapa cara, termasuk fluktuasi gula darah. Tekanan darah Anda turun saat Anda tidur, membuat jantung dan pembuluh darah Anda sedikit istirahat. Tekanan darah Anda akan meningkat untuk jangka waktu yang lebih lama selama siklus 24 jam semakin sedikit tidur yang Anda dapatkan. Sistem kekebalan dan jantung Anda sama-sama membutuhkan istirahat agar dapat bekerja secara efektif.

Baca juga: 10 Makanan untuk Bantu Tidur Lebih Nyenyak, Menurut Penelitian dan Pakar

PINK VILLA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."