Sinopsis Gadis Kretek, Serial Berlatar Sejarah yang Dibintangi Putri Marino hingga Arya Saloka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Produser, sutradara, dan pemeran utama serial Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix. Dok. Netflix.

Produser, sutradara, dan pemeran utama serial Gadis Kretek yang akan tayang di Netflix. Dok. Netflix.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gadis Kretek merupakan serial baru berlatar sejarah yang diangkat dari novel Ratih Kumala dengan judul yang sama. Gadis Kretek bercerita tentang sebuah kisah cinta dengan latar belakang perkembangan industri kretek serta berbagai peristiwa sejarah di Indonesia.

Diproduksi oleh BASE Entertainment serta Shanty Harmayn dan Tanya Yuson sebagai showrunner, serial ini akan disutradarai oleh Kamila Andini (Sekala Niskala, Yuni) dan Ifa Isfansyah (Sang Penari, Pendekar Tongkat Emas) berdasarkan naskah yang ditulis oleh Tanya Yuson, Ratih Kumala, Kanya K. Priyanti, dan Ambaridzki Ramadhantyo.

Gadis Kretek menangkap sebuah masa yang penting dalam industri rokok kretek serta berbagai peristiwa sejarah yang kemudian mengubah jalan hidup banyak orang, termasuk munculnya sebuah cerita cinta yang mengharukan," tutur Kamila Andini dan Ifa Isfansyah dalam siaran pers pada Kamis, 14 Juli 2022.

“Kami bangga dapat membawa kisah yang indah ini ke layar kaca, terutama karena Gadis Kretek berakar di Indonesia dan menyampaikan penggalan sejarah yang saya yakin dapat dinikmati oleh penonton di mana saja,” ujar showrunner Shanty Harmayn.

Dian Sastrowardoyo (Kartini, Aruna & Lidahnya) akan memerankan Dasiyah, perempuan visioner dan dikenal karena kemampuannya meracik saus rokok kretek yang sedap. Ario Bayu (Gundala, Perempuan Tanah Jahanam) akan berperan sebagai Soeraja, yang secara tak sengaja masuk ke dalam industri kretek hingga kemudian meninggalkan warisan yang berharga.

Putri Marino (Cinta Pertama, Kedua, dan Ketiga, Posesif) akan berperan sebagai Arum, gadis independen dan penuh rasa ingin tahu, sementara Arya Saloka (Habibie & Ainun 3, Wedding Proposal), akan berperan sebagai Lebas, anak bungsu Soeraja yang hidup dengan caranya sendiri.

Gadis Kretek juga didukung oleh sederet aktor ternama lainnya, yaitu Tissa Biani, Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana.

Gadis Kretek telah memasuki proses produksi dan direncanakan untuk tayang di Netflix pada 2023.

Baca juga: Bridgerton Musim Kedua Tayang Maret 2022, Simak Bocoran Ceritanya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."