Rahasia Awet Muda ala Wulan Guritno, Kurangi Gula dan Rutin Olahraga

Wulan Guritno. Instagram/@wulanguritno

kesehatan

Rahasia Awet Muda ala Wulan Guritno, Kurangi Gula dan Rutin Olahraga

Rabu, 13 Juli 2022 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Artis Wulan Guritno kerap dipuji lantaran penampilannya yang tetap muda dan sehat di usianya yang menjelang 41 tahun. Ibu tiga anak ini sadar betul jika usia berpengaruh juga pada kesehatan dan daya tahan tubuh. 

"Kalau ada yang bilang aku awet muda, wah rasanya usaha yang aku lakukan tidak semudah itu. Tahu sendiri masalah ulit juga kan bikin resah," ucapnya dalam ucapnya saat ditemui di peluncuran kampanye Ageless dan Limitless Erha, Kamis 7 Juli 2022. 

Lantaran kerisauan itulah, perempuan kelahiran 14 April 1980 ini fokus menjaga tubuhnya agar segar dan sehat. "Makanya aku rutin olahraga dan sudah sejak lama menghindari gula, paling kalau lagi ingiiiin banget cheating ya aku cheating kaya misal junk food misal sebulan sekali. Atau kalau lagi kecapean syuting bolehlah makan keripik singkong," tambah dia. 

Berbicara olahraga, Wulan memilih waktu empat kali dalam seminggu bergerak seperti misalnya tenis dan latihan otot di gymnastic. Jadi, dari sedini mungkin kita terbetuk ototnya karena memang berpengaruh banget sama kondisi fisik.

Seperti yang dilakukan Wulan, ternyata pilihan mengurangi gula akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Jika kelebihan gula dapat meningkatkan gula darah, mengalirkan insulin ke seluruh tubuh yang bisa mendorok lemak bertumpuk atau dikenal dengan lemak visceral. 

Sel lemak jenis inilah yang paling berisiko karena menghasilkan horomon yang masuk dalam pembuluh darah dan  berpotensi terkena serangan jantung atau penyakit degeneratif lainnya. 

Ahli endokrinologi David Ludwig, MD, seorang profesor nutrisi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan, mengatakan dengan mengganti karbohidrat olahan dan makanan manis dalam diet Anda dengan lemak sehat membantu menjaga insulin Anda tetap stabil, sehingga lebih sedikit kalori yang disimpan sebagai lemak. Hasilnya, "lapar berkurang, metabolisme meningkat, dan Anda bisa menurunkan berat badan dengan sedikit perjuangan."

Baca: Tips Awet Muda ala Wulan Guritno, Cukup Olahraga dan Siap Berkeringat