Melanie Putria bagi Tips Olahraga untuk Pemula, Mulai dari Nyaman Dulu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Melanie Putria membagikan tips olahraga dengan aman selama puasa Ramadan (Tangkapan layar Youtube.com/Fit with Mel by Melanie Putria)

Melanie Putria membagikan tips olahraga dengan aman selama puasa Ramadan (Tangkapan layar Youtube.com/Fit with Mel by Melanie Putria)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya hidup sehat selama masa pandemi agaknya sudah menjadi tren dan kebiasaan sehari-hari kebanyakan orang. Sayangnya, hype tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan olahraga yang mumpuni, khususnya bagi para pemula yang baru lagi semangat-semangatnya. "Saya termasuk yang happy semakin banyak masyarakat yang senang olahraga," saat dijumpai dalam acara peluncuran klinik JLA Indonesia di Jakarta, Jumat, 24 Juni 2022. 

Berpijak dari kekhawatiran tersebut, presenter sekaligus influencer olahraga Melanie Putria membagikan sejumlah tips yang perlu diperhatikan jika Anda ingin mulai aktif olahraga. 

"Sebenarnya saya juga pas awal tahun 2011 mulainya juga ujug-ujug pengen olahraga karena mengalami baby blues syndrom. Sama sekali tidak ada persiapan, mulai lari, jatuh cinta, dan makin intens. Dari situ jadi belajar bagaimana menyiapkan fisik dan apa yang dibutuhkan kalau mau lari," ucapnya.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin mulai olahraga, mulai dari FITT, apa saja itu:

1. Frekuensi

Berapa kali frekuensi olahraga yang bisa kita jalankan. Kalau merujuk WHO seminggu 150 menit, sehari kira-kira alokasikan waktu selama 30 menit buat gerak. "Tidak sulit, lho, menyediakan waktu 30 menit buat gerak," ungkapnya. 

2. Intensitas

Tanya sama diri sendiri, semampu apakah kita olahraga. Apakah kita termasuk orang yang aktif dan rutin olahraga atau sekadar rekreasional. "Bukan apa-apa ini terkait erat dengan masalah besar, ketika intensitas tidak sesuai dengan kemampuan sangat rentan muncul cedera," ujarnya. 

3. Tipe

Pahami dulu tipenya seperti apa, misal tiba-tiba ingin olahraga yang langsung expert seperti lari maraton padahal belum latihan secara khusus. "Pastikan mulai olahraga dari yang paling ringan, menyenangkan, dan nyaman kita lakukan dulu," tandas Melanie. 

4. Time

Perhatikan waktunya, bebas bisa pagi, sore atau malam. "Tapi perhatikan lagi kalau mau olahraga malam cek kondisi udaranya bersih atau tidak sebab makin malam makin bahaya dan jangan mendekati waktu tidur atau istirahat," tambah dia. 

"Nah, kira-kira itulah empat tips dasar dari saya agar teman-teman semangat olahraga dan target gaya hidup sehat bisa tercapai," pungkas ibu dua anak ini. 

Baca: Melanie Putria bagi Tips Perawatan Kulit Wajah, Rutin Sunscreen dan Sesekali Facial

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."