Potret Mesra Shinzo Abe dan Akie Abe Merayakan Ulang Tahun Pernikahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
(dari kanan) Akie Abe bersama suami,  Shinzo Abe. Foto: Instagram/@akieabe

(dari kanan) Akie Abe bersama suami, Shinzo Abe. Foto: Instagram/@akieabe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kepergian mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menjadi duka mendalam bagi keluarga dan kerabat, terutama istri tercinta, Akie Abe. Shinzo dan Akie diketahui telah menikah selama 35 tahun. Keduanya menikah pada 9 Juni 1987.

Kebersamaan mereka tak hanya bisa dilihat saat menghadiri acara publik, tapi juga dari sejumlah unggahan kegiatan sehari-hari mereka di akun media sosial. Menilik unggahan di Instagram Akie, terdapat potret mesra mereka merayakan ulang tahun pernikahan ke-32 pada tiga tahun lalu.

Keduanya tampak duduk di dalam ruangan. Pasangan yang memelihara anjing ras daschund bernama Ron itu kompak memakai busana nuansa pink dan tertawa di hari spesial mereka. 

Di atas meja terdapat kue ulang tahun pernikahan warna putih yang dihiasi beberapa ceri dan lilin, juga ada dua gelas wine. 

"9 Juni adalah ulang tahun pernikahan ke-32," tulisnya di keterangan foto yang diunggah pada 9 Juni 2019.

Potret Shinzo Abe dan istri, Akie Abe, merayakan 32 tahun pernikahan pada 9 Juni 2019. Foto: Instagram/@akieabe

Selain foto tersebut, juga ada banyak unggahan potret mereka berdua saat menghadiri acara publik.

Shinzo Abe meninggal di usia 67 tahun, setelah sempat dirawat di rumah sakit akibat ditembak saat kampanye pemilihan parlemen untuk partainya LDP di Nara, Jumat siang, 8 Juli 2022.

Abe, yang meninggalkan jabatannya pada tahun 2020, ditembak seorang pria warga setempat bernama Tetsuya Yamagami. Media mengatakan dia pernah bertugas di militer Jepang.

NHK mengutip tersangka, Tetsuya Yamagami, yang mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak puas dengan Abe dan ingin membunuhnya.

Abe menjadi perdana menteri pada 2006, berlangsung hanya setahun sebelum kembali untuk tugas kedua yang langka pada 2012. Ia berupaya menghidupkan kembali ekonomi yang stagnan, melonggarkan batas-batas konstitusi pasifis pasca-Perang Dunia Kedua dan mengembalikan nilai-nilai tradisional.

Dia berperan penting dalam memenangkan Olimpiade 2020 untuk Tokyo, memiliki keinginan untuk memimpin Olimpiade dan bahkan muncul sebagai karakter video game Nintendo Mario selama penyerahan Olimpiade di Rio, tuan rumah 2016.

Abe menjadi perdana menteri terlama di Jepang pada November 2019, tetapi pada musim panas 2020, dukungan telah terkikis oleh penanganannya terhadap wabah Covid-19 serta serangkaian skandal termasuk penangkapan mantan menteri kehakimannya.

Shinzo Abe mengundurkan diri pada bulan September tahun itu tanpa mencapai tujuannya yang telah lama dipegangnya untuk merevisi konstitusi atau memimpin Olimpiade, yang telah ditunda hingga 2021 karena pandemi Covid-19. 

INSTAGRAM | REUTERS | TEMPO.CO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."