Tips Daging Empuk dan Tidak Bau Khas, Pakai 5 Bahan Alami Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi daun pepaya (Pixabay.com)

Ilustrasi daun pepaya (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Adha 2022. Perayaan hari raya ini identik dengan penyembelihan hewan Kurban. Di Indonesia, Idul Adha jatuh pada, Minggu, 10 Juli 2022. 

Biasanya hewan kurban yang disembelih di Indonesia adalah kambing dan sapi, lalu setelah disembelih, dagingnya dibagikan ke masyarakat. Biasanya beragam sajian berbahan daging hewan kurban seperti daging kambing dan sapi menjadi hidangan istimewa di meja makan. 

Namun, mengolah daging kambing memiliki tantangan khusus dibandingkan memasak daging sapi atau ayam, termasuk teknik membuat daging lebih empuk.

Simak tips daging empuk dan tidak beraoma khas menggunakan bahan alami dari Cookpad berikut ini:  

1. Jeruk Nipis

Cara mengolah daging kambing agar tidak bau selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis yang terkenal memiliki sifat asam yang cukup kuat. Hal ini membuat jeruk nipis bisa diandalkan untuk membuat daging kambing jadi lebih empuk dan tidak bau. Cara ini juga bisa dilakukan jika kamu ingin mencuci daging kambing sebelum mengolahnya. 

Caranya cukup mudah yakni cuci daging kambing yang sudah disiapkan. Lalu beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis. Beri perasan jeruk nipis dengan membalurkannya pada permukaan daging. Tunggu dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

2. Garam

Selain jeruk nipis, bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau adalah garam. Cara ini cukup mudah diterapkan, hanya saja membutuhkan sedikit ketelatenan.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya dan nanas bisa diandalkan untuk cara masak daging kambing agar empuk dan tidak bau. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya. Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama. Kamu hanya perlu mencuci, kemudian remas, dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

4. Buah Nanas

Jika tidak memiliki daun pepaya, Anda bisa menggunakan buah nanas. Nanas juga dikenal ampuh membuat daging kambing lebih cepat empuk. Caranya hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Jika sudah balurkan pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam.

5. Rempah

Rempah juga bisa digunakan sebagai cara mengolah daging kambing agar tidak bau. Segala macam jenis rempah bisa diandalkan. Bahkan menggunakannya juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa, yang perlu kamu lakukan hanya melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe. Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, bisa juga gunakan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis, dan cengkeh.

Baca: Tips Eksfoliasi Kulit Pakai Gula dan 5 Bahan Alami Ini, Yuk Dicoba!

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."